Hajar Wahyu/Ade, Raja Bulutangkis Asia Bentrok Vs Ahsan/Hendra

Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe.
Sumber :
  • BWF

VIVA – Wahyu Nayaka Arya Pangkarya/Ade Yusuf Santoso gagal melaju ke perempatfinal Indonesia Open 2019 setelah dihajar raja bulutangkis Asia, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe.

Dalam laga yang dilangsungkan di lapangan 2 Istora Senayan, Jakarta Pusat, Kamis 18 Juli 2019, Wahyu/Ade dipaksa menyerah dalam pertandingan selama menit.

Perbedaan kualitas antara Wahyu/Ade dan pemegang ranking 6 dunia terlihat jelas sejak gim pertama dimulai. Duo Jepang peraih medali emas Badminton Asia Championships 2019, sudah mengendalikan pertandingan sejak awal. Terbukti cuma dalam waktu 23 menit, Hiroyuki/Endo sudah merebut kemenangan pertama dengan angka 21-17.

Kekalahan di gim pertama tak membuat Wahyu/Ade frustasi, malahan mereka tampil lebih tenang di gim kedua. Pertahanan mereka lebih rapat dari sebelumnya dan serangan pun semakin bervariasi. Hasilnya, jelang jeda mereka berhasil unggul sementara dengan angka 6-11.

Bahkan, usai jeda Wahyu/Ade masih mengendalikan pertandingan sekaligus meraup banyak poin untuk memperlebar jarak keunggulan dengan poin 6-15. Akhirnya di menit 49 Wahyu/Ade merebut kemenangan 16-21 dan memaksa pertarungan dituntaskan di gim tambahan.

Di gim penentu, Hiroyuki/Yuta berusaha keluar dari cara bermain Wahyu/Ade, mereka kembali memainkan serangan cepat dengan kombinasi smes keras. Apa yang dilakukan para pendekar samurai itu terbukti mujarab, meskipun saat jeda mereka tertinggal angka tipis 9-11 dari Wahyu/Ade.

Tertinggal angka membuat tekanan terhadap Hiroyuki/Yuta semakin kencang. Hal itu ternyata membakar semangat mereka, terbukti usai jeda mereka bisa menyamakan poin jadi 14-14. Bahkan, memasuki waktu krusial mereka berbalik unggul 17-14. Akhirnya pada menit 81, Hiroyuki/Yuta mengakhiri perlawanan Wahyu/Ade dengan poin akhir 21-17.

Di perempatfinal nanti Hiroyuki/Endo akan berhadapan dengan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Juara All England Open 2019 ini baru saja lolos ke perempatfinal usai kalahkan duo Jerman, Mark Lamsfuss/Marvin Seidel.

Baca: Gregoria Tunjung Keok, Rekor Buruk RI di Indonesia Open Berlanjut