Juara Dunia Tampil Ganas di Senayan, China Juarai Indonesia Open 2019

Ganda campuran China, Zheng Siwei/Huang Yaqiong.
Sumber :
  • BWF

VIVA – China dipastikan merebut tahta juara ganda campuran Indonesia Open 2019, setelah juara dunia Zheng Siwei/Huang Yaqiong memastikan diri lolos ke final setelah menghajar Tan Kian Meng/Lai Pei Jing di semifinal.

Dalam semifinal terakhir yang dilangsungkan di lapangan 1 Istora Senayan, Jakarta, Sabtu Legi, 20 Juli 2019, Zheng/Huang hanya membutuhkan selama 35 menit saja untuk menghancurkan harapan duo Malaysia itu di turnamen BWF Super 1000 ini.

Pada gim pertama, perbedaan kualitas antara Zheng/Huang sebagai pemegang rnaking 1 dunia dengan Tan/Lai begitu kentara. Dengan mudahnya Zheng/Huang menjebol pertahanan Tan/Lai. Cuma dalam waktu 16 menit, juara All England Open 2019 sudah memenangkan gim pertama dengan poin 21-12.

Kemenangan di gim pertama membuat Zheng/Huang semakin mengganas saja. Di gim kedua, mereka langsung menekan Tan/Lai sejak awal gim. Terbukti mereka akhirnya merebut kemenangan dengan angka 21-16.

Dengan kemenangan Zheng/Huang ini, maka gelar juara ganda campuran Indonesia Open 2019 dipastikan jadi milik China karena di partai final turnamen BWF Super 1000 ini terjadi all China finals antara Zheng/Huang melawan dengan ranking 2 dunia, Wang Yilyu/Huang Dongping.

Wang/Huang terlebih dahulu lolos ke final setelah mengalahkan runnerup Indonesia Open 2018, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying.

Tahta juara ganda campuran Indonesia Open sebelumnya dikuasai tuan rumah. 2 tahun beruntun tahta juara direbut RI melalui perjuangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.

Indonesia gagal mempertahankan gelar juara itu karena Butet telah pensiun. Dan Owi bersama duet anyarnya Winny Oktavina Kandow dikalahkan Chan Peng Soon/Goh Liu Ying di perempatfinal.

Perlu diketahui, ini merupakan gelar juara ke 11 China di sektor ganda campuran Indonesia Open. Mereka terakhir kali menjuarai turnamen berhadiah total 1.250.000 dolar Amerika Serikat pada 2015 dan 2016 melalui duet Xu Chen/Ma Jin.

Baca: Raja Bulutangkis Eropa Lolos ke Final Indonesia Open 2019