Mengejutkan, Raja Raksasa Bulutangkis Dunia Tumbang di Japan Open

Lin Dan
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Raja raksasa bulutangkis dunia, Lin Dan kembali menelan kekalahan menyakitkan di turnamen besar dunia. Kali ini juara dunia 5 kali itu harus angkat kaki dari Tokyo, Jepang karena dikalahkan Jan O Jorgensen.

Lin Dan dikalahkan pemain Denmark itu di laga perdana turnamen bulutangkis Japan Open 2019 di Musashino Forest Sport Plaza 1, Tokyo, Rabu Kliwon, 24 Juli 2019, dalam duel dramatis selama satu jam lebih.

Pada gim pertama, Lin Dan 100 persen menguasai jalannya pertandingan. Meski ada perlawanan sengit sejak menit awal hingga laga gim berakhir di selalu unggul angka. Lin dengan mudahnya merebut kemenangan dengan angka 16-21.

Di gim kedua kondisi sangat jauh berbeda, kali ini Jan O Jorgensen yang berkuasa di lapangan, Lin Dan sama sekali tak dapat mengejar perolehan angka Jan dan dipaksa menyerah pada kedudukan 21-11.

Jan berhasil memaksa Lin Dan untuk menuntaskan duel mereka yang ke 15 kali ini melalui satu gim tambahan.

Gim inilah drama terjadi, pertarungan sengit pun berlangsung. Di awal gim, Lin Dan benar-benar tampil perkasa hingga sempat unggul jauh, 6-12. Tapi, Jan berhasil mengejar perolehan angka itu dan menyamakan poin 12-12. Duel pun semakin ketat, angka juga sangat rapat.

Di waktu krusial Jan memiliki peluang untuk menang setelah unggul 20-17. Hanya saja, dengan tenangnya Lin Dan berhasil menggagalkan kemenangan Jan setelah menyamakan poin 20-20.

Tak sekali saja, Lin Dan juga kembali memiliki kesempatan menang saat unggul 20-21. Tapi lagi-lagi digagalkan Jan, hingga akhirnya keadaan berbalik Jan berhasil merebut kemenangan dengan angka 23-21 di menit ke 69.

Kemenangan ini mengantar Jan melaju ke babak 16 besar untuk berhadapan dengan pemenang duel antara Lee Dong Keun dengan juara Indonesia Open 2019, Chou Tien Chen.

Perlu diketahui, Lin Dan pekan lalu juga gagal merebut tahta juara Indonesia Open 2019. Tragisnya angkat kaki dari Istora setelah kalah di babak 16 besar.

Selain itu, Lin Dan merupakan salah satu pemegang gelar juara Japan Open terbanyak. Tercatat dia sudah 3 kali menjuarai turnamen ini, di tahun 2005, 2006 dan 2015.

Baca: Pebulutangkis China Jadi Korban Pertama Kevin/Marcus di Japan Open