Juara Indonesia Open Dipermalukan Ranking 27 Dunia di Japan Open

Chou Tien Chen saat di Indonesia Open 2019.
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Kejutan tercipta di babak 16 besar turnamen bulutangkis BWF World Tour Super 750, Japan Open 2019. Ranking 3 dunia, Chou Tien Chen dipermalukan pemain gaek Denmark, Jan O Jorgensen.

Dalam duel memperebutkan tiket ke perempatfinal turnamen berhadiah total 750.000 dolar Amerika Serikat ini, Chou ditumbangkan melalui pertandingan panjang yang menghabiskan waktu satu jam lebih.

Meski usainya tak semuda Chou dan cuma bermodal ranking 27 dunia. Tapi semangat Jan sangat membara. Terbukti Jan berhasil merebut kemenangan di gim pertama dengan poin tipis 21-19.

Kekalahan ini cukup menyakitkan, karena Chou sebelumnya sempat unggul pada kedudukan 10-16. Petakatiba saat Jan mendapatkan 7 angka beruntun untuk menyamakan angka dan berbalik unggul pada kedudukan 17-16.

Di gim kedua, Chou berusaha membalas kekalahan agar bisa menciptakan rubbergame. Dia pun mulai membongkar pertahanan Jan dengan variasi serangan-serangan cepat pendek di net.

Hasilnya cukup memuaskan, setelah berhasil menyamakan angka pada kedudukan 8-8. Pemain Taiwan itu langsung melejitkan angka dengan muda dan merebut kemenangan gim kedua dengan skor 11-21.

Kemenangan mudah di gim kedua berusaha diciptakan lagi oleh Chou. Di awal gim memang dia sempat unggul 3-7. Namun, kondisi mulai berubah saat jeda, Jan berbalik unggul tipis 11-10.

Beberapa saat selepas jeda, pertarungan masih sengit. hanya saja setelah poin kembali sama kuat 13-13, tenaga musuh bebuyutan Jonatan Christie itu mulai habis. Dan kondisi dimanfaatkan dengan baik oleh Jan.

Akhirnya tepat di menit 68, Jan menghancurkan juara turnamen termahal dunia, Indonesia Open 2019 dengan angka 21-19 di Musashino Forest Sport Plaza 1, Tokyo, Jepang, Kamis Legi, 25 Juli 2019.

Dengan kemenangan ini, Jan lolos ke perempatfinal untuk berhadapan dengan rekan senegaranya, Rasmus Gemke. Pemain ini juga baru saja lolos ke perempatfinal usai tundukan Prannoy HS.

Baca: Fajar/Rian Jadi Korban Pembantai 5 Raksasa Dunia di Japan Open