Tragis, Juara Dunia Dibantai Pembunuh Raksasa di Final Japan Open

Kim So Yeong/Kong Hee Yong
Sumber :
  • BWF

VIVA – Kejutan besar terjadi di final Japan Open 2019, secara tak terduga tuan rumah harus merelakan gelar juara ganda putri yang sudah mereka pertahankan selama 2 tahun raib direbut Korea Selatan.

Sebab, juara dunia 2018 Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara yang menjadi harapan negeri sakura untuk mempertahankan tahta, secara tak terduga keok dihajar habis-habisan oleh Kim So Yeong/Kong Hee Yong.

Dalam pertarungan di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jepang, Minggu Wage, 28 Juli 2019, ranking 2 dunia itu dibantai di tanah kelahiran mereka sendiri hanya dalam waktu 43 menit.

Kim/Kong benar-benar membuktikan mereka sebagai pembunuh raksasa, sejak awal gim pertama saja, mereka hanya memberikan kesempatan bagi Mayu/Wakana untuk mengimbangi permainan cepat mereka pada kedudukan 4-4. Selanjutnya, Kim/Kong benar-benar tak terbendung.

Ganda putri berjuluk pembantai 3 ratu bulutangkis dunia di New Zealand Open 2019 itu mengganas dan langsung melejitkan poin hingga tak lagi bisa terbendung oleh Mayu/Wakana. Puncaknya Mayu/Wakana dihajar dengan angka telak 21-12.

Kemenangan di gim pertama membuat kepercayaan diri Kim/Kong semakin melejit. Di sisi lain, Mayu/Wakana seolah mulai kehilangan keberanian.

Mereka hanya mampu mengimbangi Kim/Kong pada kedudukan 1-1 saja, selanjutnya pertandingan dikuasai penuh oleh ranking 13 dunia itu. Akhirnya Mayu/Wakana tumbang dengan angka yang sama dengan gim pertama, 21-12.

Kemenangan ini sangatlah berharga, sebab sudah lebih dari 10 tahun lamanya Korsel tak pernah membawa pulang gelar juara ganda putri Japan Open, terakhir mereka menjuarai turnamen ini pada tahun 2004 melalui Ra Kyung-min/Lee Kyung-won.

Perlu diketahui, dalam dua tahun terakhir sektor ganda putri Japan Open selalu dikuasai tuan rumah, pada Japan Open 2017 gelar juara didapatkan Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi dan Japan Open 2018 direbut Yuki Fukushima/Sayaka Hirota.

Baca: Hajar Jonatan Christie, Raja Bulutangkis Dunia Juarai Japan Open