Nursih Basuki Art Studio, Tempat Pembuat Mahakarya Seni Indonesia

Proses pembuatan karya seni berupa garuda pancasila raksasa untuk Istana Negara, Jakarta di Nursih Basuki Art Studio
Sumber :
  • vstory

VIVA.co.id – Lebih dari 18 tahun Nursih Basuki Art Studio mengabdi untuk Indonesia. Kehadirannya selalu memberikan warna tersendiri melalui karya-karya seni yang diciptakannya.

Hadir di awal tahun 2000-an, tentu pergerakan mereka tidak begitu terkenal. Hanya sebatas sambung cerita dari bawah, obrolan ke obrolan, ataupun cerita-cerita singkat tak bertuan. Tidak ada dokumentasi atau digitalisasi seperti era saat ini. Karenanya tantangan mereka saat ini adalah mengubah konsep kolonial menjadi millenials di mana perkembangan studio akan terus dikembangkan melalui platform media sosial dan lainnya.

Nursih Basuki Art Studio adalah ruang produksi karya seni yang terbuat dari tembaga dan kuningan. Berlokasi di Kotagede, Yogyakarta, tentu tak asing lagi kawasan tersebut memang jelas pusatnya kerajinan perak khususnya di Indonesia.

Tetapi banyak yang menyebut Nursih Basuki Art Studio adalah seniman spesialis kerajinan kuningan dan seniman kerajinan tembaga. Sangat banyak sekali karya-karya yang sudah menghiasi Indonesia saat ini, dari ornamen di gapura Akademi Militer Magelang, ornamen relief di Gedung Mahkamah Konstitusi, Monumen Keris Siginjai hingga garuda raksasa di Istana Negara.

Melalui kanal sosial medianya di akun @nursihbasuki, mereka aktif menyebarkan info seni di studionya. Apa yang dilakukan Nursih Basuki Art Studio adalah upaya untuk melestarikan seni kriya di Indonesia. Dari pengalaman, beberapa mahasiswa seni juga datang untuk bertanya tentang seni kriya sambil mengerjakan tugas akhir mereka.

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.