Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Senin, 16 September 2019 | 14:26 WIB

Fakta Menarik di Balik Kata 'Stan'

Team VIVA »
Elly Herawati
yohanabelinda
Foto :
  • vstory
eminem

VIVA.co.id - Kata ‘stan’ mungkin bukanlah hal asing lagi bagi kaum milenial. Kata-kata yang cukup singkat ini kerap menjadikan para fans memiliki sebuah identitas.  Namun, ‘stan’ sendiri ternyata memiliki arti yang cukup mendalam dan fakta yang cukup unik. Berikut adalah 5 fakta menarik dan unik dari kata ‘stan’. 

1. Berasal dari lagu Eminem.

Baca Juga

Kata-kata stan sendiri berasal dari lagu berjudul Stan karangan Eminem. Dalam lagu tersebut diceritakan seorang fans yang menjadi terobsesi akan idolanya pada awal tahun 2000-an. Sejak saat itu, stan sendiri menjadi salah satu kata pop culture di kalangan masyarakat.

2. Stan lebih dari seorang idola

Terpopuler

Dalam Rolling Stone, dikutip bahwa seorang ‘stan’ rela berbuat segalanya untuk sang idola, hal ini juga menjulur kepada celebrity worshiper. Berkat kepopuleran dari kata ‘stan’ ini, kata ini berhasil masuk ke dalam Oxford Dictionary pada tahun 2017. Kata ‘stan’ ini juga dipopulerkan oleh rapper Nas dalam lagu Ether yang dirilis 1 tahun setelah lagu Stan oleh Eminem dirilis. 

3. Stan digunakan untuk mencari komunitas

Dalam Genius, Dr. Donna Rockwell menjelaskan bahwa seorang fans yang dapat menemukan seorang sebagai contoh hidup menjadikan figur publik itu sebagai idola. Lebih dari itu, komunitas dari fans sendiri juga dapat memberikan mereka komunitas yang saling pengertian dalam hal-hal tertentu. Maka tidak heran, bila banyak fans yang mengaku dirinya sebagai pendiam kini lebih memiliki suara, dan terkesan lebih ekstrovert.

4. Stan melejit bersama K-Pop

K-Pop sendiri telah menciptakan sebuah fandom yang luar biasa. Berbagai orang dari latar belakang yang berbeda pun menjadi satu dari sebuah grup ataupun lagu. Bahkan dalam Koreaboo sendiri, dikutip penggunaan kata ‘stan’ oleh para pecinta K-Pop.

Dalam hal ini, seorang ‘stan’ rela berbuat apa saja demi sang idola. Mulai dari streaming, pergi ke konser, hingga melakukan hal-hal yang cukup berbahaya. ‘Stan’ sendiri mungkin bisa dikenal sebagai sasaengs fans yang bisa mengarah lebih ke stalker. 

5. Pentingnya sebuah fandom dan stan

Namun ‘stan’ dari sebuah fandom tercipta bukan tanpa sebuah alasan. Dikutip dari TIME, bahwa sebuah fandom sendiri dibutuhkan oleh seorang seniman atau musisi. Setiap fandom dibutuhkan dan dapat menjadi sebuah cerita untuk kerabat atau turun-temurun. 

Fandom sendiri juga menjadikan artis tersebut sebuah bintang. Bisa dibayangkan ketika tidak ada yang menonton musik video mereka? Tanpa adanya fandom dan ‘stan’, seorang musisi dan seorang artis tidak akan bisa berdiri sendiri.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Kekeringan di Manggarai, Lebih dari 200 Sapi Mati
TVONE NEWS - 35 menit lalu