Penyakit Mematikan bagi Wanita, Berikut Faktanya

Gambar : Penyakit yang Mematikan
Sumber :
  • vstory

VIVA  - Wanita ternyata cenderung lebih mudah terserang penyakit dibanding pria. Hal ini dikarenakan ada perbedaan antara laki – laki dan perempuan dalam hal hormon, komposisi tubuh dan beberapa perbedaan lainnya.

Perubahan gaya hidup adalah sumber utama dari penyebab melemahnya daya tahan tubuh pada wanita. Seperti kurangnya istirahat, tidak teraturnya pola makan, serta kesibukan lainnya yang dapat mengganggu kesehatan.

Diinput dari berbagai sumber, berikut beberapa penyakit yang kerap menyerang tubuh wanita :

1. Kanker rahim atau ovarium

Penyakit ini merupakan urutan kelima dari jenis kanker yang selalu dialami perempuan, gejalanya kembung, nyeri perut, gangguan pencernaan yang parah, mual, muntah dan siklus haid tidak rutin. Mendiagnosa kanker ovarium tidak gampang, akan tetapi apabila merasakan pendarahan yang tidak biasa, nyeri pada saat berkencing atau melakukan hubungan intim, dan nyeri panggul sebaiknya periksalah diri Anda untuk melihat kejelasan penyebabnya.

2.Magh ( Lambung )

Penyakit maag seringkali dianggap penyakit ringan, tak heran jika banyak yang mengabaikannya. Padahal, penyakit ini bisa menyerang siapa saja dan berakibat fatal di kemudian hari,khususnya pada kaum wanita. Mengapa demikian karena hampir keseluruhan wanita jarang sarapan dan mampu menjaga pola makannya.

Padahal penyakit maag yang tidak mendapatkan penanganan yang serius bisa berkembang menjadi penyakit maag kronis. Tentu saja gejala maag kronis ini bisa menimbulkan berbagai komplikasi berbahaya. Sakit maag kronis yaitu terjadi karena adanya gangguan pada pencernaan yang disebabkan oleh peradangan pada dinding lambung. Peradangan tersebut akan muncul secara perlahan dan kemudian berkembang dalam jangka waktu yang lama.

3. Penyakit jantung

Di antara penyakit yang selalu menimpa kaum perempuan, penyakit jantung adalah pembunuh nomor satu diantara mereka. Perempuan tidak lepas dari penyakit ini dikarenakan oleh banyak hal, contohnya adalah kelebihan lemak di sekitar perut, diabetes, hipertensi, stres, depresi, sampai kolesterol yang tinggi.

4. Radang panggul

Penyakit ini berpengaruh pada rahim, saluran telur, indung telur, dan leher rahim. Dan, penyakit tersebut bisa berkembang menjadi penyakit menular seksual seperti gonore atau klamidia. Penyebabnya adalah bakteri, apabila diketahui lebih awal, penanganan dengan makan obat antibiotik mungkin bisa secepatnya teratasi. Cuma saja seringkali penyakit ini tidak menonjolkan gejala dan diketahui sudah dalam keadaan terlambat, sementara pada keadaan parah bisa menyebabkan kemandulan.

5. Depresi

Beberapa studi menyebutkan bahwa wanita lebih rentan depresi dibandingkan pria. Hal ini disebabkan karena wanita lebih banyak mengalami fluktuasi hormon yang dapat memengaruhi mood, seperti saat masa pubertas, menstruasi, melahirkan, dan menopause. Selain itu, kebiasan merenung yang dilakukan beberapa wanita juga bisa memicu terjadinya depresi.

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.