Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Rabu, 6 November 2019 | 13:37 WIB

Jangan Ditahan, Ini 5 Manfaat Jika Kalian Menangis

Team VIVA »
Elly Herawati
popularchannel01-345
Foto :
  • vstory
Menangis

VIVA – Bagi banyak orang, terutama pria, menangis adalah tanda kelemahan sehingga biasanya akan ditahan sekuat mungkin. Menunjukkan air mata dianggap membuat mereka terlihat cengeng dan kurang jantan. Namun kenyataannya, pandangan ini sudah ketinggalan zaman.

Pada dasarnya, menangis adalah suatu mekanisme di mana tubuh manusia merespons berbagai hal. Seseorang dapat menangis ketika dia merasa sangat sedih atau sebaliknya ketika hatinya bersukacita. Air mata yang menetes juga dapat terjadi ketika Anda mengantuk atau ketika ada benda asing memasuki mata Anda.

Baca Juga

Sejumlah dampak yang diberikan air mata ini bertujuan untuk menjaga kesehatan mata. Meski begitu, manfaat menangis terbukti tidak hanya di mata tetapi juga di bagian tubuh lainnya. Menangis dapat menjaga kesehatan berbagai hal di tubuh kita mulai dari mental hingga fisik. Berikut adalah beberapa efek kesehatan yang timbul dari menangis.

1. Menghilangkan Stres

Terpopuler

Sebuah studi tahun 2014 menemukan bahwa menangis dapat membantu seseorang lebih rileks melewati masa-masa sulit. Menangis dapat mengaktifkan sistem saraf parasimpatis yang menghasilkan otak yang lebih tenang.

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi adalah masalah kesehatan yang dapat memicu banyak penyakit. Menangis tampaknya bisa menjadi cara untuk meredakan tekanan darah dan menjaganya tetap stabil agar Anda menjadi lebih sehat.

3. Bersihkan Racun

Air mata yang keluar dapat membersihkan debu dari mata dan bahkan mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Penghapusan racun ini membantu mengurangi kadar kortisol (hormon stres) dari tubuh sehingga suasana hati akan membaik. Ini adalah alasan mengapa kita biasanya merasa lebih baik dan lega setelah menangis.

4. Mengatasi Perubahan Suasana Hati

Perubahan suasana hati yang tiba-tiba di tubuh dapat terjadi karena akumulasi mangan di dalam tubuh. Menangis dapat membantu menghilangkan kelebihan mangan dari tubuh melalui air mata. Ini bisa membuat Anda menjadi lebih tenang, fokus, dan suasana hati Anda tidak akan berubah.

5. Atasi Rasa Sakit

Ketika kita mengalami sakit fisik, air mata bisa menjadi cara bagi tubuh untuk mengurangi sensasi rasa sakit. Para peneliti menemukan bahwa manfaat menenangkan ini timbul karena air mata melepaskan oksitosin dan endorfin yang dapat membuat Anda merasa lebih baik dan menghilangkan rasa sakit.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Bacakan Pledoi, Zumi Zola Menangis
TVONE NEWS - sekitar 1 tahun lalu