Jangan Pernah Mengonsumsi 4 Buah Ini di Pagi Hari

Buah-buahan
Sumber :
  • vstory

VIVA – Makan buah setiap hari memang bisa membuat tubuh sehat. Tidak hanya dimakan untuk pencuci mulut, terkadang ada juga orang yang menjadikan buah sebagai menu sarapan mereka. Tapi tahukah Anda, kalau ternyata ada beberapa buah yang tidak boleh dimakan saat sarapan. Mulai dari karena rasanya terlalu manis hingga gizinya yang tidak seimbang.

1. Jeruk

Buah yang satu ini memang mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh. Namun, makan jeruk saat sarapan tidak dianjurkan. Kandungan asam yang tinggi dalam buah ini dapat menyebabkan kram perut dan diare.

Selain itu, kelebihan vitamin C (lebih dari 2000 mg per hari) dapat menyebabkan mual, muntah, mulas, kembung, sakit kepala, hingga penyakit batu ginjal. Jeruk, termasuk makanan dengan asam tinggi yang dapat menyebabkan panas perut.

2. Salak

Buah ini mengandung vitamin C, kalsium, beta-karoten, zat besi, dan tanin (turunan dari asam galat). Namun, buah dengan kulit yang cukup tajam tidak disarankan untuk dikonsumsi pada pagi hari. Ini karena salak memiliki tanin tinggi dapat menyebabkan iritasi lambung, mual, muntah, dan masalah hati.

3. Apel

Apel sering digunakan sebagai menu sarapan oleh sebagian orang karena diyakini dapat memberikan energi lebih. Kandungan vitamin C dan antioksidan dikaitkan dengan manfaat kesehatan. Namun faktanya, apel bisa membuat perut menjadi kembung. Kandungan fruktosa dan serat yang tinggi, membuat buah ini sulit dicerna dan harus menjalani fermentasi di usus besar. Hasil fermentasi akan berubah menjadi gas dalam perut.

4. Mangga

Mangga matang memang membuat siapa pun ingin memakannya. Rasanya yang manis membuat buah ini banyak disukai oleh masyarakat. Namun, membuat mangga sebagai sarapan bukanlah hal yang benar. Mangga memiliki kandungan fruktosa yang lebih besar daripada glukosa. Ketidakseimbangan ini membuat mangga sulit diserap oleh tubuh. Selain itu, fruktosa yang sulit dicerna akan membuat perut kembung.

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.