Komodo, Binatang Khas dari Indonesia

Komodo
Sumber :
  • vstory

Komodo, atau dalam bahasa latin disebut Varaneus Komodoensis adalah spesies kadal terbesar di dunia yang hidup di Indonesia. Komodo termasuk anggota famili biawak Varanidae dan Klad Toxicofera. Komodo merupakan kadal terbesar di dunia, dengan rata-rata panjang 2-3 meter.

Komodo secara alami hanya ditemui di Indonesia, tepatnya di Pulau Komodo, Flores dan Rinca serta beberapa pulau lainnya di Nusa Tenggara Timur. Komodo hidup di padang rumput kering terbuka, sabana, dan hutan tropis pada ketinggian rendah. Komodo sangat menyukai tempat panas dan kering. Mereka lebih aktif pada siang hari daripada saat malam hari.

Komodo termasuk hewan karnivora. Walaupun mereka lebih banyak memakan daging bangkai, penelitian menunjukkan bahwa mereka juga berburu mangsa hidup dengan cara mengendap-endap diikuti dengan serangan tiba-tiba terhadap mangsanya. Ketika mangsa itu tiba di dekat persembunyiannya, komodo segera menyerangnya pada sisi bawah tubuh atau tenggorokan. Komodo dapat menemukan mangsanya dengan menggunakan penciumannya yang tajam. Bahkan komodo dapat menemukan binatang yang sudah mati pada jarak hingga 9,5 kilometer.

Perkembangan evolusi komodo dimulai dengan marga Varanus, yang muncul di Asia sekitar 40 juta tahun yang silam, lalu berimigrasi ke Australia. Sekitar 14 juta tahun yang lalu, pertemuan lempeng benua Australia dan Asia Tenggara menyebabkan hewan komodo menuju Indonesia.

Komodo sudah dikategorikan sebagai spesies Rentan dalam daftar IUCN Red-List. Sekitar 4000-5000 ekor komodo diperkirakan masih hidup di alam liar. Populasi ini terbatas menyebar di pulau-pulau Rinca (1300 ekor), Gili Motang (100 ekor), Gili Dasami (100 ekor), Komodo (1700 ekor), Flores (2000 ekor). Meski demikian, ada keprihatinan mengenai populasi ini, karena diperkirakan dari semuanya itu hanya tinggal 350 ekor betina yang produktif dan dapat berkembang biak.

Pada tahun 1980, Pemerintah Indonesia menetapkan berdirinya Taman Nasional Komodo untuk melindungi populasi komodo dan ekosistemnya di beberapa pulau termasuk Pulau Komodo, Rinca, dan Padar.

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.