Sukses Tangani Karhutla, 2 Kapolsek Terima Drone dari Kapolres Pelalawan

Foto: Kapolres Pelalawan serahkan Drone untuk Kapolsek yang berhasil tangani kebakaran hutan dan lahan
Sumber :
  • vstory

VIVA.co.id – Awal bertugas seusai pisah sambut, Kapolres Pelalawan, Riau yang baru AKBP Hasyim Risahondua, menyerahkan 2 unit drone kepada 2 Kapolsek di bawah jajarannya. Pemberian 2 unit drone sebagai bentuk dari penghargaan kepada Kapolsek Pangkalan Kerinci dan Kerumutan dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi beberapa waktu yang lalu.

"Ini kita berikan karena dinilai indikatornya memenuhi syarat dalam penanganan karhutla, begitu juga kecepatannya dalam mendatangi TKP serta kerjasamanya dengan masyarakat yang cukup baik," ujar Kapolres Pelalawan AKBP Hasyim Risahondua di Pangkalan Kerinci.

Harapannya drone ini sebagai alat tambahan, sebagai pemantau rute dari udara dan sebagai penunjuk jalan karena tidak semua lokasi dapat dilalui kendaraan. "Lokasi karhutla itu ada yang berawa-rawa, ada semak belukar dan ada juga parit serta jurang dan sebagainya.Jadi drone ini sebagai pemberi informasi, karena lokasi karhutla itu ada di tengah jadi dengan drone tentu kita tahu mana jalan yang baik menuju ke sana," terang dia lagi.

Masih menurut Kapolres, kegunaan dan fungsi drone ini juga tidak hanya dalam melihat jalan dan lokasi yang terbakar. "Tapi bisa kita gunakan saat karhutla untuk melihat arah ke mana api menjalar sesuai arah angin dan tentunya ini akan mempermudah untuk dilakukan isolasi lokasi," kata Kapolres yang baru terbilang hari dalam memimpin di Kabupaten Pelalawan ini.

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.