Mengenal Tati Sumirah, Peraih Uber Cup Pertama di Indonesia

Bulutangkis
Sumber :
  • vstory

VIVA – Mungkin kalian sudah pernah mendengar nama pemain bulutangkis seperti Alan Budikusuma, Susi Susanti, Christian Hadinata, Maria Kristin Yulianti, Rudy Hartono, dan lain sebagainya yang tak bisa saya sebutkan satu persatu. Lalu bagaimana dengan Tati Sumirah? Apakah kalian mengenalnya?

Mungkin untuk sebagian pecinta bulutangkis pasti mengenalnya dan sebagian tidak mengenalnya. Dia adalah pahlawan nasional yang berhasil membawa Uber Cup 1975 ke tanah air.

Tati Sumirah

Di partai puncak Indonesia bertemu dengan Jepang dan saat itu menurunkan Minarti, Utami Dewi, Imelda Wiguna, Theresia Widiastuti, Regina Masli dan Tati Sumirah?. Turun di partai kedua, Tati Sumirah harus menghadapi pemain tunggal putri Jepang Atsuko Tokudo.

Tati Sumirah berhasil melayani permainan agresif Atsuko dengan skor 11-5, 11-2 dan berhasil menyamakan kedudukan setelah Theresia Widiastuti kalah dari Hiroe Yuki. Tati Sumirah tidak menyangka bahwa dia akan menang melawan pemain Jepang tersebut. Perasaan senang pun dia rasakan.

"Uber itu berkesan buat saya karena ketika saya menang teman-teman langsung mengejar saya di lapangan. Mereka ingin kasih kejutan. Padahal saya bukan orang yang terbiasa dengan kekuatan tersebut. Saking senangnya, mereka mengejar saya di ruang ganti dan di dalam sana kita sampai berdesak-desakan." Kenangnya.

Perempuan yang lahir 9 Februari 1952 ini dikenal lewat Lin Dan dropshot-nya yang handal. Ketika bemain bulutangkis, tak ada sifat feminin yang muncul dari dirinya. Dengan aksinya ia meloncat-loncat dan memberikan smash-smash yang mematikan. Dia juga dikenal sebagai atlet dengan daya juang yang tinggi. Dia berhasil masuk ke final kejuaraan di Invitasi 1974 sebelum dikalahkan oleh Margaret Back?.

Setelah pensiun di dunia bulutangkis, kondisi Tati Sumirah cukup memprihatinkan. Dia bekerja di sebuah apotek selama bertahun-tahun dan mendapatkan gaji buta. Hingga akhirnya salah satu TV nasional menayangkan beritanya dan ia pun diberikan pekerjaan oleh Rudy Hartono?.

Beruntung sekali atlet-atlet saat ini yang bermain mengharumkan nama Indonesia. Selain diberikan hadiah yang besar, mereka juga diberikan jaminan bila sudah tidak bermain bulutangkis lagi.

Untuk Tati Sumirah, terima kasih telah membawa Piala Uber ke Indonesia. Semoga piala itu akan dibawa lagi ke Indonesia oleh tunggal putri kita. Terima kasih telah membawa nama Indonesia ke kancah internasional. Walaupun banyak yang tidak mengenalmu, tetapi sejarah telah mencatat kau tetap pahlawan Indonesia. Terima kasih atas perjuanganmu dan segala gelar yang kau raih untuk negeri yang kau cintai.

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.