Trident II, Rudal Balistik Antarbenua Paling Mematikan di Dunia

Trident II
Sumber :
  • vstory

VIVA – Trident II adalah rudal balistik antarbenua paling mematikan di dunia (ICBM) yang dirancang untuk mengirimkan senjata nuklir. Rudal ini memiliki jangkauan 7.500 km - 12.000 km dan dapat membawa lebih dari satu hulu ledak nuklir. Sebagian rudal trident II didukung oleh Multiple Re-entry Vehicle (MIRV) yang dapat ditargetkan secara mandiri.

Jadi, satu rudal Trident II dapat membawa beberapa hulu ledak yang masing-masing dapat menyerang target ditempat yang berbeda. Selanjutnya Trident II membawa serangkaian umpan yang memungkinkan dapat mengatasi pertahanan udara musuh.

Trident II atau Trident D5 dapat diluncurkan dari kapal selam. Rudal ini adalah versi yang sudah ditingkatkan dari versi sebelumnya Trident C4 dengan muatan yang lebih besar, jangkauan yang lebih panjang serta akurasi yang lebih tepat sasaran. Rudal yang pertama kalinya diperkenalkan pada tahun 1990 oleh Amerika Serikat dan Inggris ini diangkut oleh 14 kapal selam kelas Ohio (USA) dan 4 kapal selam kelas Vanguard (Inggris).

Rudal Trident II memiliki jangkauan 7.800 km dengan muatan penuh dan 12.000 km dengan muatan yang dikurangi. Jadi, meskipun Trident II bukanlah rudal balistik terpanjang di dunia dibandingkan dengan ICBM lainnya, kapal selam balistik yang dipersenjatai oleh Trident II selalu dapat mendekati target mereka untuk mengurangi jangkauan tembak.

Setiap rudal balistik Trident II AS dapat membawa hingga 14 hulu ledak dengan dapat menghasilkan masing-masing 475 kT memiliki jangkauan yang sangat akurat dengan memiliki CEP sekitar 90 meter. Rudal ini dipandu untuk mencapai target dengan menggunakan sistem navigasi astro-inersia.

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.