Mengetahui Apa itu Kuota dalam Paket Internet

Kuota paket internet.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Di tengah membanjirnya paket internet berbasis kuota, ada pertanyaan mendasar tentang apa itu kuota dalam paket internet. Nah, bagi kamu yang belum memahami makna dan arti kuota dalam internet, berikut ini kami sajikan informasi selengkapnya.

Arti dan makna kuota sebenarnya mengacu pada arti umum, yakni jatah, batasan, atau jumlah yg ditentukan. 

  • Kuota utama, yaitu kuota inti dari paket internet yang dapat dipakai untuk apa saja
  • Kuota reguler, yaitu kuota yang dapat dipakai untuk akses internet apa saja dan pada jam berapa saja;
  • Kuota bonus, yaitu kuota tambahan yang diberikan dan dapat digunakan dengan syarat-syarat khusus;
  • Kuota malam, yaitu kuota yang dapat dipakai hanya pada malam hari untuk berbagai keperluan,
  • Kuota download, yaitu kuota yang hanya dapat dipakai untuk mengunduh file di internet.

Arti kuota dalam paket internet unlimited

Pada paket internet unlimited, kuota bisa dianalogikan batasan maksimum kecepatan internet. Jadi, jika sobat memiliki paket internet unlimited dengan kuota 1GB dan kecepatan maksimal 14 Mbps, itu artinya setelah 1GB terlampaui, kecepatan akses internet akan menurun, umumnya hingga 64 Kbps.

Kuota dalam paket ini biasa disebut FUP (Fair Usage Policy) atau batas pemakaian wajar. Besarannya tergantung paket dan kebijakan operator. Umumnya, berkisar MB hingga GB. Untuk beberapa kesempatan, kuota ini dapat ditambah dengan paket khusus.

Di zaman yang serba modern ini memang hampir semua kalangan bisa mengoperasikan perangkat untuk mengakses internet, salah satunya adalah ponsel genggam yang mana memiliki ukuran lebih ringkas dan bisa di bawa kemana-mana.

Mengakses internet dengan ponsel genggam atau trennya saat ini smartphone sangatlah mudah, apalagi kini sudah banyak provider yang memberikan layanan akses internet dengan paket internet, entah telkomsel, xl, 3, indosat atau lainya.

Beberapa manfaat internet bagi kehidupan manusia pada umumnya adalah sebagai sarana pendidikan, sarana hiburan, sumber penghasilan, memudahkan komunikasi, belanja online, mempermudah pekerjaan.

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.