Keren, Lampu Otomatis Mati dan Menyala dengan Hanya Bantuan Suara

lampu
Sumber :
  • vstory

VIVA.co.id – Lampu diibaratkan sebagai matahari dalam kegelapan atau merupakan sumber penerangan pada malam hari. Namun, lampu ini ternyata juga harus dimatikan supaya tidak memakan energi yang terbuang sia-sia.

Apakah Anda selama ini sulit bangun dari tempat tidur untuk mematikan lampu atau Anda malas untuk mematikan lampu saat ingin tidur? Apakah Anda juga sering melupakan untuk mematikan lampu di saat pagi hari?

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) konsumsi listrik yang digunakan dari tahun ke tahun meningkat.

Tahun 2009 yang memiliki konsumsi listrik per kapita sebesar 0.65 MWH/kapita sampai pada tahun 2016 dengan konsumsi listrik per kapita sebesar 0.95 MWH/kapita. Konsumsi listrik tersebut dapat dikatakan cukup meningkat seiring dengan waktu.

Untuk itu supaya mempermudah dan mengikuti upaya dalam menghemat listrik, terdapat sebuah benda yang cukup unik yaitu dapat mematikan dan menyalakan lampu hanya dengan menggunakan suara.

Cara kerja lampu ini cukup mudah, yaitu hanya dengan menggunakan suara Anda atau bahkan dapat dengan hanya melakukan tepuk tangan dan otomatis akan menyala atau mati.

Cara kerja lampu ini juga dapat dikatakan cukup mudah karena lampu tersebut sudah terintegrasi sebuah sensor pendeteksi suara. Lampu ini juga mudah untuk ditemukan.

Mematikan dan menyalakan lampu dengan seperti ini tentu saja sangat membantu orang yang sudah tua untuk tidak bangun dari tempat tidur dan tentu saja memudahkan pekerjaan kita sehari-hari. (Penulis: Mohamad Geraldine, Pembimbing: Ridwan Siskandar, SSi MSi)

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.