Ampuh, Begini Cara agar Smartphone Tidak Lemot

Smartphone Tidak Lemot
Sumber :
  • vstory

Perkembangan teknologi gadget saat ini semakin luas dan selalu ada pembaruan dari waktu ke waktu. Ada begitu banyak smartphone yang bermunculan dari berbagai merek yang menawarkan fitur dan keunggulan unik sehingga sering membingungkan konsumen untuk memilih yang mana.

Android mulai lambat biasanya ketika Anda melakukan banyak aktivitas multitasking tanpa menghentikan aplikasi yang sedang berjalan, misalnya ketika Anda bermain game di sisi lain Anda juga mengobrol atau bermain media sosial tetapi Anda tidak menghentikan permainan, biasanya Sistem ram android akan terjadi selama operasi membuat ponsel lambat.

Melihat banyaknya pengguna Android saat ini, tentu saja perangkat canggih ini tidak lepas dari masalah yang bisa membuat kita merasa tidak nyaman saat menggunakannya. Sebagai contoh, kita mungkin merasakan booting RAM Andorid sangat lama (lambat), loading lambat, hang, dan lainnya. Untuk pengguna Android yang aktif, tentu saja Anda akan merasa kesal saat mengalaminya.

Nah, bagi Anda pengguna Smartphone Android yang pernah mengalami masalah ini, berikut adalah beberapa tips dan cara untuk menghadapi smartphone Android yang lambat / lambat sehingga perangkat Anda dapat bekerja lebih baik.


1. Hapus Cache dari Memori Internal

 Mungkin bagi sebagian orang cache itu terdengar kurang familiar. Cache adalah penyimpanan memori sementara pada perangkat Android. Keberadaan cache pada ponsel kita akan terus bertambah, dan tentu saja cache akan memakan banyak memori dan kemudian akan membuat smartphone kita lambat atau lambat. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengantisipasinya dengan menginstal dan mengimplementasikan aplikasi History Eraser di perangkat Android Anda.

2. Jangan Menjalankan Banyak Aplikasi

Pada Saat yang Sama Aplikasi yang berjalan secara bersamaan akan mengurangi kinerja kecepatan RAM, ini akan membuat kinerja smartphone Anda lambat. Itu sebabnya sangat disarankan untuk tidak membuka terlalu banyak aplikasi pada saat yang bersamaan.
Banyak pengguna Android yang suka membuat atau menjelajahi banyak aplikasi di smartphone mereka secara bersamaan dan tidak menyadari bahwa kegiatan ini membuat perangkat mereka lambat. Jika Anda benar-benar suka bermain dengan berbagai aplikasi di Android, maka Anda harus membukanya satu per satu. Tutup satu aplikasi jika Anda ingin membuka aplikasi lain untuk mencegah perangkat Anda melambat.


3. Jangan Gunakan Wallpaper Hidup

Sebagian besar wanita suka menggunakan wallpaper Live di perangkat Android mereka untuk mempercantik tampilan smartphone. Tetapi tanpa disadari, itu juga akan membuat smartphone Anda lambat. Untuk membantu mempercepat pemuatan ponsel cerdas Anda, disarankan untuk tidak menggunakan wallpaper hidup ini. Gunakan gambar sederhana untuk wallpaper Android Anda sehingga kecepatan pemuatan stabil dan maksimal.


4. Instal Aplikasi dalam Memori Eksternal

Ketika kami menginstal aplikasi pada perangkat Android, aplikasi akan secara otomatis memasukkan memori internal. Jika kami memasang cukup banyak aplikasi, ini akan memengaruhi kecepatan perangkat Android. Sekarang untuk mengatasi agar perangkat Android tidak menjadi lambat, maka kita harus memindahkan aplikasi ke memori eksternal yang ditambahkan ke Smartphone Android. Dengan begitu, memori internal dapat dioptimalkan untuk kinerja ponsel pintar dan tidak akan membebani waktu pemuatan.


5. Tutup Aplikasi yang Tidak Digunakan

Seringkali kita membuka beberapa aplikasi dan kemudian lupa untuk menutupnya setelah digunakan. Aplikasi yang berfungsi tentu saja akan membutuhkan memori RAM, dan jika kita lupa untuk menutup atau tidak sengaja menutup beberapa aplikasi, ini akan membuat kinerja perangkat Android Anda lebih lambat dari biasanya.

Anda hanya dapat mengaktifkan fitur putar otomatis jika Anda benar-benar membutuhkannya. Namun, jika Anda tidak benar-benar membutuhkan fitur ini, sebaiknya nonaktifkan fitur ini untuk membantu mempercepat kinerja perangkat Android Anda.


6. Jangan Gunakan Kecerahan Otomatis

Fitur kecerahan otomatis ini adalah fitur yang berfungsi untuk mengetahui intensitas cahaya yang diterima oleh perangkat Android Anda. Dengan fitur Auto Brightness, intensitas cahaya pada Android akan menyesuaikan dengan kondisi cahaya yang ada di sekitar kita. Selain bisa membuat Android lebih lambat, kelemahan lainnya adalah baterai ponsel akan cepat habis.


7. Identifikasi masalah

Hal pertama yang harus dilakukan untuk mempercepat kinerja punggung android Anda adalah untuk mengetahui penyebab lambatnya android Anda. Apakah itu aplikasi, beberapa aplikasi, atau sistem Android Anda adalah penyebab Anda sendiri. Sobat harus berhati-hati ketika mengidentifikasi sehingga kinerja Android Anda dapat kembali normal. Setelah Anda tahu masalah yang membuat Android Anda lambat, Lanjutkan ke solusi berikutnya di bawah ini. 

8. Memori Terlalu Penuh

Cara mengatasi Android lambat kedua adalah dengan mencegah memori internal penuh teman Android Anda. Ini adalah masalah yang saya jelaskan di atas tentang pembaruan aplikasi android ke versi terbaru. Terlalu banyak aplikasi juga akan mengisi ruang penyimpanan Android Anda.

Padahal smartphone membutuhkan ruang untuk bernafas sehingga bisa menjalankan proses dengan cepat. Jika memori terlalu penuh, maka kinerja android Anda w

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.