Ampuh, Tips Memperbaiki Smartphone yang Mati Total

Referensi Pihak Ketiga
Sumber :
  • vstory

VIVA.co.id - Tulisan ini akan menjelaskan masalah dan solusi ponsel mati. Masalah dan solusi ini berlaku untuk semua merek ponsel cerdas Android atau telepon seluler unggulan.

Jika ponsel Anda sudah rusak pada hardwarenya, maka salah satu hal yang tidak diinginkan adalah ponsel Anda akan mati total atau sering disebut dengan istilah matot. Jika sudah matot, banyak memang kemungkinan yang bisa menyebabkan hal tersebut.

Penyebab ponsel mati total paling banyak dikarenakan salah install aplikasi dan kerusakan sistem yang bisa diperbaiki sendiri. Cara memperbaiki ponsel Android mati sendiri bisa dilakukan dengan flash ulang.

Ponsel dapat mati karena beberapa alasan. Di antaranya karena terjatuh di lantai atau permukaan yang keras atau ponsel menjadi basah atau jatuh dalam hujan atau air. Namun bisa juga jika ada jenis short (in + and -) atau shorting di mobile phone PCB.

Nah, berikut ini cara memperbaiki jika ponsel Anda mati total. Keluarkan baterai dan lihat apakah baterai terisi daya atau tidak.  Periksa tegangan menggunakan multimeter. Tegangan harus 3,7 - 4,2 Volt DC. Gunakan penguat baterai untuk meningkatkan kekuatan baterai dan isi daya baterai kembali.

Periksa titik baterai dan konektor baterai. Bersihkan titik baterai dan konektor baterai untuk menghilangkan endapan karbon. Jual kembali atau ganti konektor baterai. Masukkan pengisi daya dan periksa ‘pengisian baterai’ muncul atau tidak.

Jika muncul ikon ‘Pengisian Baterai’ tetapi ponsel tidak bisa hidup maka centang hidup/mati. Tegangan switch on/off harus 2,5 hingga 3,5 Volt DC. Bersihkan atau ubah switch on/off. Periksa track switch on/off dan jumper jika diperlukan.

Jika ikon pengisian daya tidak ada di sana, periksa tegangan sakelar hidup atau mati. Jika tegangan antara 2,5 hingga 3,7 Volt DC, maka reload software di telepon (Perangkat Lunak Berkedip). Jika ponsel tidak mau dinyalakan bahkan setelah memuat ulang perangkat lunak, maka panaskan CPU, Power IC, dan Flash IC.

Jika tidak ada tegangan pada sakelar on/off kemudian periksa jalur sakelar on/off. Jumper jika diperlukan. Jika masalah tidak terpecahkan, maka panas Reball atau ubah Power IC dan CPU untuk memperbaiki masalah.

Jaga multimeter pada mode bel dan periksa (+) dan (-) dari konektor baterai. Jika ada suara buzzer maka telepon pendek. Jika ada kekurangan pada konektor baterai maka bersihkan PCB dengan lebih tipis. Oleskan fluks dan panaskan PCB.

Jika ini tidak memperbaiki masalah ponsel mati maka hapus PFO dan periksa pendeknya. Jika ada kekurangan maka ganti PFO. Lepaskan konektor pengisian daya dan periksa apakah ada kekurangan. Jika ada kekurangan maka ganti konektornya.

Lepaskan IC pengisian daya dan periksa korslet. Ubah jika perlu. Hapus bluetooth IC dan periksa korslet. Ganti jika perlu. Lepaskan IC Daya dan periksa korslet. Ganti dengan yang baru jika diperlukan. Lepaskan CPU dan periksa korslet. Ganti jika perlu. Hapus semua kapasitor elektrolit besar dan periksa satu per satu.  Ganti kapasitor jika perlu. Nah, itulah beberapa cara memperbaiki ponsel Anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, selamat mencoba!

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.