Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Kamis, 29 Agustus 2019 | 15:29 WIB

Teknologi Keamanan Kendaraan di Masa Depan

Team VIVA »
Elly Herawati
Farisymd
Foto :
  • vstory
Ilustrasi mobil

VIVA.co.id – Mungkin kalian pernah menonton film-film agen rahasia dan superhero seperti James Bond, Mission Impossible dan Iron Man di mana kadang para agen akan menggunakan mobil-mobil yang keren dan canggih.

Seperti ketika Agen 007 yang akan mengejar para penjahat dengan mobil Aston Martin-nya. Dia hanya cukup menyalakan mobil dengan sentuhan jari. Begitu juga dengan Iron Man yang bisa membuka pintu ruangan rahasia dengan wajahnya supaya tidak ada penjahat yang masuk untuk mencuri alat-alat super canggihnya.

Baca Juga

Bicara tentang keamanan, tidak mungkin kita selalu mengandalkan anak kunci yang kadang dapat lupa akan keberadaan kunci tersebut. Karena itulah satu hal luar biasa jika kita dapat mengakses pintu mobil saat lupa akan anak kunci dengan menggunakan teknologi fingerprint dan face unlock.

Sensor fingerprint dapat ditempatkan pada pegangan pintu pengemudi. Jadi, ketika pengemudi menempelkan jari yang sudah didaftarkan pada fingerprint tersebut maka kunci akan terbuka. Pastikan mobil tersebut didukung dengan central lock. Karena central lock berfungsi sebagai pengunci atau untuk membuka semua pintu dari sisi pengemudi.

Terpopuler

Untuk fitur face unlock juga dapat dijadikan solusi ketika fingerprint tidak dapat berfungsi dalam kondisi hujan. Karena fingerprint sangat sulit untuk membaca sidik jari ketika jari dalam keadaan basah. Face unlock yang menggunakan kamera bisa disimpan di daerah kaca pengemudi dengan memanfaatkan kamera kecil untuk menjadi sarana membaca wajah kita.

Cara kerja fingerprint adalah membaca sidik jari. Sidik jari terdiri dari banyak garis menonjol yang cenderung melingkar-lingkar. Hal ini dapat dilihat jelas dengan cara mencelupkan jari kita ke tinta dan menempelkannya ke kertas. Jadi, software fingerprint tersebut akan membaca garis-garis pada jari kita dan menyimpannya di memori nya.

Dan ada juga cara kerja face unlock adalah mengenali struktur wajah kita dengan pengenalan jarak-jarak di antara ciri penting pada seseorang. Seperti mata, hidung, mulut dan sudut pada kening kepala dan rahang serta panjang dan lebar wajah. Dengan semua informasi ini, sistem face unlock akan disimpan di memori sistem face unlock.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Ujicoba Taksi Terbang di Paris
TVONE NEWS - sekitar 1 bulan lalu