Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Rabu, 4 September 2019 | 10:53 WIB

Ternyata Begini, Cara Mengatasi Notifikasi di Android Tidak Muncul

Team VIVA »
Syahdan Nurdin
ramaangriawan
Foto :
  • vstory
mengatasi notifikasi android tidak muncul

VIVA.co.id – Siapa sih di sini yang engga kenal dengan sebutan notifikasi chat. Entah itu dari aplikasi apapun ya. Biasanya sih notif tersebut muncul di aplikasi pesan seperti whatsap, line, dan telegram.

Tak hanya itu saja juga sih bro, soalnya masih ada banyak aplikasi yang memberikan layanan notifikasi ini. Seperti contoh instagram, facebook, twitter dan sebagainya.

Baca Juga

Namun seiring berjalannya waktu, di setiap aplikasi itu pasti akan ada bug dan Anda pasti dapat menjumpainya, entah itu kapan. Pastinya Anda sangat kesel bukan main karena notif tersebut sangat penting untuk memberitahukan bahwa ada pesan atau ada orang yang membalas pesan Anda.

Nah mimin ingin memberikan tutorial singkat namun padat nih, setidaknya bisa meringankan beban anda ketika mengalami masalah tersebut.

Terpopuler

Menghapus Cache dan Data Aplikasi

Tau engga sih bro and sis, aplikasi yang terindikasi tidak muncul notif itu malah bersumber masalah dari aplikasi itu sendiri.

Ssttt... jangan bingung deh, maksudnya Anda bisa melihat di pengaturan aplikasinya itu terdapat data dan cache berapa. Semakin lama dibiarin ya akan semakin menumpuk dan menjadi beban aplikasi tersebut.

Mimin misalkan deh, kalau Anda menggunakan whatsapp. Nah, data dan cache whatsapp tersebut akan menumpuk di dalam aplikasi. Cara menghapusnya cukup simpel banget nih, cukup masuk ke pengaturan kemudian pilih manajemen aplikasi lalu pilih aplikasi whatsapp (jika masalah itu apps wa ya).

Langkah terakhir Anda dapat menghapusnya dengan menekan tombol hapus data atau hapus cache. Supaya kalian tidak kebingunga dalam bahasa, mimin kasih contoh untuk bahasa inggrisnya ya yaitu clear data dan clear cache.

Hapus dan Install Ulang Aplikasi

Semakin lama kok makin menggila masalahnya, notif ngga muncul selang beberapa hari. Nah hal ini perlu anda waspadai ya gengs, supaya hp Anda tetap normal seperti sediakala, wajib melakukan yang namanya reinstall.

Reinstall atau instal ulang aplikasi berguna banget nih buat aplikasi yang sering terkena masalah notif tidak tampil.

Caranya masuk saja ke pengaturan aplikasi lalu pilih aplikasi yang sekiranya itu bermasalah tidak menampilkan pembaritahuan bunyi maupun tampilan melayang.

Lalu hapus instalasi, cara mudahnya sih tinggal masuk ke google play saja apabila yang bermasalah adalah aplikasi bersumber dari playstore.

Lalu pilih copot pemasangan langkah berikutnya adalah mendownload ulang aplikasi tersebut. Bagaimana sangat mudah bukan gengs?

Restart Smarthone

Melakukan restart atau reboot di hp ini juga berguna mengatasi hp tidak menampilkan notifikasi apapun.

SIlakan dicoba deh, siapa tau setelah mencoba ini notifikasi pada smartphone muncul kembali deh.

Bila masih kurang, mungkin Anda perlu melakukan update android Anda apabila sebelumnya Anda belum pernah melakukan update sedikit pun (malas update karena kuota minim min hehe).

Jadi seperti itulah tata cara mengenai mengatasi android yang tidak menampilkan notifikasi atau notifikasi tidak muncul di hp android, semoga bermanfaat ya.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Ujicoba Taksi Terbang di Paris
TVONE NEWS - sekitar 1 bulan lalu