Mudah dan Cepat Root Handphone Anda, Begini Caranya

Tutorial Mudah Root Hp
Sumber :
  • vstory

VIVA – Setiap Pengguna handphone (hp) pasti tahu yang namanya Root itu? Rooting adalah proses yang memungkinkan pengguna smartphone, tablet, dan perangkat lain yang menjalankan sistem operasi Android untuk mencapai kontrol istimewa (akses penuh/superuser) sebagai administrator (dikenal sebagai 'akses root') dalam subsistem program Linux Android.

Root ini merupakan suatu kegiatan di mana pengguna smartphone Android berhasil mendapatkan kendali atau akses penuh dari perangkatnya tersebut. 

Ada berbagai cara root hp Android. Cara tersebut antara lain rooting melalui PC ataupun melalui hp Anda langsung. Dibutuhkan software atau aplikasi untuk me-root hp.

Kamu dapat memilih sendiri aplikasi mana yang kompatibel dengan HP. Jadi, jika berhasil melakukan root hp baik melalui aplikasi root hp atau root android tanpa PC (personal computer), maka kamu dapat melakukan apapun di hp Android itu dengan melewati proses tertentu. 

Nah, inilah yang membuat root hp banyak dilakukan, meskipun demikian kamu juga perlu tahu bahwa root hp juga memiliki sejumlah risiko. Agar lebih paham dan tak kebingungan atau pusing cara root hp android, berikut ini penjelasan mengenai cara root android dan berbagai informasi terkait lainnya.
 
Fungsi root hp android

Sebelum kita langsung membahas cara root android dengan mudah, ada baiknya kamu tahu fungsi root hp Android secara detail. Root merupakan sebuah proses yang memberi izin penuh kepada pengguna android, baik itu smartphone, tablet, atau mungkin smart TV secara total dari yang tadinya terbatas.

Artinya, dengan akses root, kita berhak mengubah, mengedit dan memodifikasi apa-apa yang ada di dalam sistem. Selain mengubah atau memodifikasi secara manual, akses root juga diperlukan oleh beberapa aplikasi yang biasanya butuh akses sistem.

Jika kamu mencari di Google Playstore, biasanya akan tertera kata kunci “Root’ pada aplikasinya. Dengan akses root, kita bisa mendapatkan beragam keuntungan dari hp yang belum di root. Terutama bagi kamu yang hobi menjelajah isi.

Inilah beberapa cara mudah untuk meroot Hp 

Cara root hp Android dengan FrameRoot 

Dengan FramaRoot, kamu bisa melakukan root hp cukup lewat sekali klik saja. Cara root hp dengan FramaRoot bisa dilakukan dengan melalui proses ini.

Unduh aplikasi FramaRoot di Google Play Store. Buka aplikasi FramaRoot, pilih Instal SuperSU atau Superuser sesuai dengan keinginanmu.

Lalu, muncul pilihan Aragorn dan Gandalf (dua nama karakter film Lord of The Rings). Memang keduanya tidak ada bedanya, silakan pilih sesuai keinginan banyak yang lebih baik memilih Gandalf saja Proses root akan langsung berjalan, tunggu hingga semua proses selesai.

Nantinya muncul pemberitahuan, tandanya kamu sudah berhasil melakukan root. Kemudian restart hp Android, dan pastikan aplikasi SuperSU atau Superuser sudah muncul di daftar aplikasi.

 
Cara root hp Android dengan RootGenius 

Secara keseluruhan, cara root hp dengan RootGenius tidak jauh berbeda dengan Framaroot. Untuk menggunakan aplikasi root dari RootGenius, ada beberapa tahapan yang mesti dilakukan :

1. Unduh aplikasi RootGenius di handphone. 
2. Buka aplikasi root android ini lalu klik gambar yang berbentuk lingkaran.
3. Setelah itu akan tampil, sebuah kotak yang mengungkapkan untuk menginstal aplikasi ini, lakukan install sesuai yang diminta.
4. Kemudian akan muncul ikon jempol, lalu ubah raja pengguna setelah kamu selesai melakukan root. Maka proses root sudah selesai. 

CF-Auto-Root 
Dibuat oleh user dan developer terkemuka di XDA Chainfire, CF-Auto-Root adalah cara root untuk “para pemula rooting” dan untuk siapa saja yang ingin tetap menggunakan sistem bawaan (tidak mengganti ROM).

Saat ini cara ini hanya mendukung smartphone berbasis firmware dari Samsung dan Nexus, dan menjadi cara termudah dan tercepat untuk rooting. Pada dasarnya cara ini hanya memasang SuperSU di sistem, sehingga aplikasi-aplikasi bisa mendapatkan akses root.  

Rooting dengan Towelroot
Dibuat oleh user dari forum XDA geohot, Towelroot adalah aplikasi android untuk rooting lainnya yang kompatibel dengan lebih banyak smartphone. Walaupun pada awalnya aplikasi ini didesain khusus untuk Galaxy S5 aplikasi ini tetap bisa digunakan di sebagian besar smartphone dengan kernel sistem yang belum di-patch.

Meggunakan cara sesuai dengan tipe dan merek smartphone
Sebenarnya, setiap tipe dan merek smartphone memiliki cara rooting yang berbeda-beda dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda pula. Untuk mengetahui cara dan step by step sesuai dengan tipe smartphone yang anda punya, anda harus cari di forum-forum android di Internet.

Forum lokal seperti Kaskus, atau Internasional seperti XDA biasanya memiliki berbagai sub forum khusus untuk tipe-tipe smartphone tertentu, yang berisi berbagai macam tips dan trik rooting dan utak-atik android yang tentunya bisa anda coba.

Cara root hp Android dengan KingRoot
Cara Root hp dengan aplikasi root dari Kingroot adalah pilihan selanjutnya. Banyak yang menyebutkan kalau KingRoot merupakan aplikasi root android saat ini.

Alasannya karena KingRoot sudah mendukung lebih dari 100.000 smartphone untuk bisa di root. Berikut adalah cara root android dengan KingRoot :
 
1. Unduh aplikasi root terbaik KingRoot, setelah itu kamu bisa langsung menginstal aplikasi root KingRoot di smartphone Android.
2. Setelah itu, kamu cukup klik tombol cek yang ada di aplikasi KingRoot maka aplikasi ini akan memulai proses pengecekan. Perlu tahu apakah metode eksekusi root nya bisa dijalankan atau tidak. Jika bisa, maka smartphone android kamu bisa langsung di root oleh KingRoot.

Setelah mengetahui fungsi dan cara root android melalui aplikasi root android maupun, ada baiknya kamu juga paham keuntungan me-root android. Apa saja sih?

Pertama, bisa memindahkan data dari internal ke eksternal. Fungsi pindah data ini bisa jadi salah satu keuntungan root android. Terutama bagi kamu yang mengaku seorang gamer dan notabene butuh banyak space memory tentunya bisa jadi masalah jika internal memorinya kecil kan.

Kedua, optimisasi RAM agar lebih luas. Dengan meroot hp, kamu bisa mendapat optimisasi RAM secara otomatis yang diatur langsung dari background. Aplikasi yang terkenal dengan fitur pembersih otomatis salah satunya adalah greenify. 

Ketiga, baterai jauh lebih hemat. Keuntungan ini tentunya bisa kamu rasakan, bahkan bisa sampai 40% lebih hemat tergantung dari seberapa jauh optimisasi dilakukan. 

Keempat, tweaking performa. Dalam hal ini biasanya dilakukan dengan mengedit atau mereplace setting sistem yang ada di direktor root.

Kelima, kamu bisa bebas menghapus aplikasi bawaan. Keuntungan lain dari meroot hp adalah menghapus aplikasi bawaan yang pada dasarnya tidak bisa dihapus. Penghapusan ini bisa dilakukan langsung maupun dihapus dengan aplikasi pihak ketiiga. Namun demikian, kamu perlu hati-hati karena ada beberapa aplikasi bawaan yang jika dihapus bisa membuat sistem menjadi rusak.

Nah, itu lah beberapa cara mudah root hp anda, saya sarankan untuk meroot hp anda jangan asal-asal aja yang akan mengakibatkan hp anda tidak bisa digunakan, Semoga artikela ini bermanfaat bagi Anda, selamat mencoba. 

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.