Lupa Password Ponsel? Jangan Khawatir, Ini Cara Mudah Membukanya

Hati-hati Jika Anda Lupa Password
Sumber :
  • vstory

VIVA.co.id – Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dari tangan-tangan jahil juga para pencuri, ada baiknya untuk memberi password atau kata sandi pada ponselmu. Baik itu berbentuk angka, pola, suara, atau pindaian wajah.

Dengan begitu, orang tidak bisa membuka ponsel kamu dan tidak bisa mengakses data-data yang ada di dalamnya. Namun akan menjadi masalah bila kita sampai lupa pola tersebut. Hal ini sering kita jumpai pada pengguna smartphone.

Yang mengkhawatirkan adalah jika smartphone Anda banyak menyimpan file-file bisnis berharga yang bisa diacak-acak oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Tentunya akan sangat merugikan bagi Anda. Apalagi jika hal tersebut bisa memberikan kerugian materiil.

Beberapa cara dilakukan agar hal tersebut tidak terjadi dan salah satunya dengan memberikan proteksi pada smartphone dengan menggunakan password khususnya pada ponsel Android. Namun sialnya, jika kita tiba-tiba kita sampai lupa password tersebut.

Password yang biasanya diingat tiba-tiba lupa. Akibatnya, ponsel pun tidak bisa dibuka padahal sedang butuh sekali. Namun Anda tidak perlu khawatir karena kami akan membagikan cara membuka ponsel Android dengan mudah meskipun Anda lupa password.

1. Gunakan Android Device Manager 

Cara membuka ponsel yang terkunci bisa dilakukan dengan menggunakan Android Device Manager. Untuk mengakses layanan ini, kamu bisa meminjam smartphone milik temanmu untuk menggunakan browsernya. Pastikan kamu Log In dengan akun Google yang sama.

Dalam link Android Device Manager, kamu akan menemukan tiga pilihan, yakni deringkan, kunci, dan hapus. Kemudian pilih Kunci atau Lock. Kamu pun akan diminta memasukkan kata sandi yang baru, yang akan mengganti pola atau PIN lama yang kamu gunakan. Setelah itu, tunggu 5 menit dan smartphone sudah bisa dibuka dengan kata sandi baru.

2. Gunakan Fitur Forgot Pattern

Kamu bisa menggunakan Forgot Pattern untuk membuka smartphone-mu. Forgot Pattern ini bisa langsung kamu temukan setelah kamu mencoba sebanyak lima kali memasukkan pattern namun tetap salah.

Ada dua metode yang tersedia dalam Forgot Pattern. Pertama menjawab pertanyaan, dan yang kedua membuka melalui email. Google akan mengirimkan pola pembuka kunci atau kalau mau, kamu juga bisa mengubahnya.

3. Gunakan Safe Mode

Kalau smartphonemu bermasalah karena aplikasi pihak ketiga, kamu bisa melakukan boot ke Safe Mode. Cara untuk melakukannya sangat beragam. Bergantung pada jenis serta brand smartphone milikmu.

Setelah berhasil masuk ke Safe Mode, kunci layar dari aplikasi pihak ketiga, kamu pun bisa langsung menghapus aplikasi tersebut dan reboot smartphone agar keluar dari Safe Mode.

Jika kesalahan pola sandi dikarenakan aplikasi pihak ketiga atau aplikasi tambahan yang sobat instal dalam smartphone, maka wajib bisa menggunakan cara ini. saat kode pola yang dimasukkan ternyata salah, sobat tinggal masuk ke mode Safe Mode lanjutkan dengan menonaktifkan aplikasi dari pihak ketiga tersebut. Namun sayangnya tidak semua smartphone memiliki cara yang sama dalam masuk ke mode Safe Mode yang satu ini.
 
4. Factory Reset

Adalah cara terakhir mengatasi smartphone yang lupa pola. kami ingatkan juga jika melakukan factory reset maka dengan otomatis semua data pada smartphone akan hilang. cara ini juga terbilang cukup riskan karena hanya akan menyelamatkan smartphone namun tidak untuk semua data penting di dalamnya. Mulai dari foto, video, kontak, dan semua file berharga milik Anda bahkan sampai dengan semua aplikasi yang ada di dalamnya. Oleh sebab itu saat menggunakan cara ini pastikan data sobat telah di-backup.

Demikian cara mudah memperbaiki lupa password di handphone Android Anda. Jadi, jangan khawatir lagi jika Anda sampai lupa password ya!

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.