5 Ponsel Lawas yang Diburu Para Kolektor, Nomor 1 Bisa Sampai Rp23 Juta

Ponsel Lawas
Sumber :
  • vstory

VIVA – Beragam fitur menarik dan kemudahan layanan sepertinya tak terbendung. Hampir setiap bulan ada smartphone jenis baru yang diluncurkan di pasaran. Mulai dari harga menengah ke bawah hingga harganya yang mencapai puluhan juta rupiah. Kami sebagai pengguna hanya memilih yang paling tepat.

Uniknya, ketika zaman sudah mulai bergerak ke arah Android dan iOS, masih ada telepon seluler kuno yang beredar di berbagai toko online Indonesia dan dijual dengan harga tinggi. Beberapa ponsel lama ini sebenarnya harganya jauh lebih tinggi daripada ponsel keluaran baru.

Kami menghubungi Hasyim Ashari, salah satu pengumpul ponsel tua di Pontianak untuk mengetahui lima jenis ponsel lama yang saat ini sedang diburu dan dijual dengan harga puluhan juta.
 

1. Motorola Aura

Motorola Aura

Ponsel jadul dengan model putar ini dicari karena diproduksi dalam waktu terbatas dan memiliki desain yang unik dan elegan. Ponsel ini tidak lagi diproduksi dan hanya diedarkan di antara para kolektor. Harga? 1 unit Motorola Aura biasanya dijual dengan harga Rp13 juta bahkan mencapai Rp23 juta untuk harga tertinggi.

2. Nokia 8800

Nokia 8800

Nokia 8800 disebut sebagai ponsel Nokia dengan bahan premium seperti stainless steel, serat karbon dan titanium. Ada juga edisi terbatas dengan sentuhan emas, seri emas Nokia 8800. Harga ponsel ini mencapai Rp4 juta - Rp8 juta untuk kondisi wajar dan dapat dijual hingga Rp25 juta untuk ponsel dalam keadaan hampir baru alias belum pernah digunakan sejak dibeli.

3. Ericsson R310 Outdoor

Ericsson R310 Outdoor

Ericsson R310 dengan model ponsel yang besar dan ada antena, ternyata sekarang terlalu banyak orang yang mencarinya. Harganya berkisar antara Rp500 ribu hingga Rp1 juta lebih tergantung kondisi ponsel. Ponsel ini disebut sangat awet dan baterainya bertahan hingga beberapa hari.

4. Nokia N Gage Classic dan N Gage QD

Nokia N Gage Classic dan N Gage QD

Jauh sebelum smartphone gaming, Nokia meluncurkan ponsel gaming khusus sekitar tahun 2005 – 2006, Nokia N Gage. Dulu ketika masih dalam usia baru, N Gage dihargai cukup mahal. Saat ini, Nokia N Gage sedang diincar dan biasanya dijual dengan kisaran harga Rp500 ribu hingga Rp1 juta.

5. Seri Satelit Ericsson

Seri Satelit Ericsson

Ericsson juga meluncurkan ponsel berbasis satelit dengan seri R190, R290 dan iridium. Meski berbasiskan satelit, ponsel di atas masih bisa digunakan dengan kartu GSM atau seluler pada umumnya. Harga seri satelit seluler jadul ini berkisar antara Rp1 juta sampai Rp4 juta.

Menurut Hasyim, mahalnya harga ponsel lama ini dipengaruhi oleh beberapa faktor termasuk jumlah unit yang tersedia, kualitas ponsel dan kelengkapan ponsel tersebut. Rata-rata ponsel lama yang saat ini dijual masih dapat berfungsi secara normal untuk telepon, SMS dan beberapa ponsel juga memiliki kartu memori dan kamera.

Untuk beberapa kolektor, harga tinggi tidak masalah asalkan barangnya bagus dan memuaskan. Nah, jika kalian memiliki ponsel lama dengan lima seri di atas, itu bisa kalian jual karena banyak yang mencarinya!

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.