Wajib Tahu, Ini 6 Alasan Ponsel Berbentuk Persegi Panjang

Ponsel
Sumber :
  • vstory

VIVA – Di tahun 2019 ini, siapa yang tidak punya ponsel? Hampir setiap orang pasti memiliki objek kecil yang canggih ini. Beberapa bahkan memiliki lebih dari satu. Membahas hal tersebut tidak begitu penting. Kali ini yang menjadi pertanyaan saya adalah mengapa tidak ada ponsel yang berbentuk hati, bulat, segitiga atau persegi? Kenapa hampir semua ponsel harus berbentuk persegi panjang?

Setelah mencari tahu, akhirnya saya menemukan jawabannya. Ada beberapa alasan ilmiah di balik bentuk ponsel yang kita miliki.

1. Sejarah

Sejak awal ponsel pertama kali dibuat menjadi persegi panjang. Tidak ada yang berbentuk hati atau bulat. Bentuknya menyesuaikan dengan pengaturan keypad, layar, mikrofon, antena, dan speaker. Rectangle dianggap sebagai bentuk yang paling ideal sehingga semua alat ini dapat bekerja secara optimal dan pengguna juga lebih nyaman untuk menggunakannya.

2. Persepsi

Ada sifat manusia yang terkait dengan persepsi. Semua orang ingin melihat sebanyak mungkin hal, terutama dalam hal hiburan. Nah, melihat sesuatu dengan media persegi panjang dianggap yang paling efektif. Anda hanya perlu menggesek ke bawah atau ke atas. Bayangkan saja jika layar ponsel Anda bulat, layar pasti akan lebih sempit.

3. Aspek Rasio

Nyaman atau tidaknya Anda melihat sesuatu ditentukan oleh aspek rasio. Nah, aspek rasio paling standar dan cukup untuk membuat mata Anda nyaman adalah 16:9. Sekarang lebih jelas, mengapa ponsel harus persegi panjang?

4. Simetri

Entah Anda menyadarinya atau tidak, tetapi faktanya adalah Anda akan lebih nyaman ketika membaca tulisan di media yang berbentuk persegi panjang. Setiap kurva alfabet di layar akan terlihat lebih elegan dan tidak membuat Anda pusing.

5. Hemat Tempat

Tanpa diberi penjelasan, Anda akan mengerti hanya dengan melihat gambar. Jika layar dipaksa menjadi lingkaran, akan ada banyak ruang kosong yang terbuang. Berbeda dari bentuk persegi panjang yang tidak meninggalkan ruang kosong.

6. Efektif

Yang terakhir adalah alasan yang paling mudah dicerna. Desain ponsel ini terbuat dari persegi panjang sehingga lebih mudah untuk dibawa. Apakah Anda memegangnya atau memasukkannya ke dalam saku, ponsel ini tetap tidak akan mengganggu Anda. Saya tidak membayangkan jika Anda sedang terburu-buru dan Anda mengetik di ponsel bulat. Ini akan sangat sulit.

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.