Cara Atasi Komputer atau Laptop yang Nyala dan Restart Sendiri

Gambar Komputer Pixabay
Sumber :
  • vstory

VIVA – Jika PC atau laptop di rumah Anda mengalami restart bahkan perangkat dekstop Anda menyala sendiri tidak usah terlalu panik dan khawatir tentang hal tersebut. Anda bisa memperbaikinya dengan tips dan trik yang saya berikan ini. Dijamin komputer atau laptop Anda dapat kembali normal.

Komputer Anda mengalami restart berkali-kali bahkan menyala sendiri. Jangan takut dan panik jika hal itu terjadi, apalagi jika PC nyala sendiri di tengah malam yang sepi. Pastinya Anda akan mengira komputer Anda menyala karena makhluk halus yang menyalakan.

Kerusakan hardware atau komponen keras pada komputer memang sering terjadi tiba-tiba. Bahkan saat asyik memakai, PC tiba-tiba restart sendiri. Hal itu pasti akan membuat Anda jengkel dan kesal terlebih jika sedang melakukan sesuatu yang teramat penting. Jika Komputer atau laptop Anda rusak, sebaiknya jangan buru-buru dibawa ke tempat servis karena Anda bisa mencoba untuk memperbaikinya sendiri dulu.

Salah satu cara memperbaiki komputer atau laptop yang sering nyala bahkan sampai restart sendiri adalah dengan cara membersihkan RAM-nya. Tetapi dengan cara tersebut, komputer Anda masih bisa menyala dengan sendirinya tanpa ada yang menyalakan.

Pada umumnya, komputer yang restart sendiri disebabkan oleh processor overheat atau terlalu panas. Tetapi ada kerusakan lain yang sering luput dari pengamatan Anda. Meski processor telah diberi pasta pendingin komputer masih tetap nyala dan mengalami restart dengan sendirinya.

Nah, jika sudah begitu, mari coba cari kerusakan yang lainnya. Berikut cara mengatasi dan memperbaiki komputer yang menyala dan restart sendiri.

1. Beri processor pasta pendingin yang banyak. Biasanya komputer atau laptop mengalami restart sendiri dikarenakan processor overheat atau terlalu panas dan mengakibatkan komputer restart sendiri.

2. Bersihkan Ram dengan penghapus atau coba ganti RAM dengan yang baru.

3. Ganti power supply dengan yang baru.

4. Periksa tombol power dan tombol restart pada komputer atau laptop Anda. Jika PC masih nyala dan restart sendiri meski processor sudah diberi pasta, sebaiknya Anda periksa kedua tombol tersebut. Ganti kedua tombol dengan yang baru atau Anda bisa mengganti casing-nya.

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.