5 Oleh-oleh Wajib Saat ke Jakarta, Nomor 2 Lucu Sekali untuk Mainan

Sumber :
  • vstory

VIVA.co.id - Ketika kamu memutuskan untuk wisata atau jalan-jalan, maka ada satu hal yang tidak boleh dilupakan yaitu oleh-oleh. Seperti yang kamu ketahui, keluarga dan juga sanak saudara biasanya menunggu buah tangan yang dibawa ketika kamu memutuskan untuk pergi ke kota lain atau wisata ke tempat lain.

Salah satunya adalah Jakarta yang seringkali menjadi salah satu tujuan kota yang dikunjungi oleh masyarakat yang berada di luar Jakarta atau di luar pulau Jawa. Untuk kamu yang sedang mengunjungi kota Jakarta dan bingung harus membawa oleh-oleh. Berikut ini ada 5 oleh-oleh wajib saat ke Jakarta yang pas untuk kamu bawa.

Biji Ketapang

Biji Ketapang - vietnamtourcenter.com

Oleh-oleh Jakarta pertama yang bisa kamu bawa setelah datang ke kota Jakarta yaitu camilan khas yang sering kali ada ketika hari raya besar ataupun acara-acara Betawi yaitu biji ketapang. Kue yang satu ini merupakan salah satu camilan kering yang terbuat dari bahan utama tepung terigu dan juga parutan kelapa.

Nantinya adonan tersebut akan dibentuk menyerupai biji-bijian, serta digoreng hingga kering. Kue ini sangat enak dan juga manis, walaupun teksturnya agak sedikit keras. Di sisi lain, biji ketapang juga memberikan rasa gurih ketika kamu konsumsi. Kamu bisa membeli biji ketapang di pusat oleh-oleh khas Jakarta, seperti pasar tradisional dengan harga yang tidak terlalu mahal. Siapapun yang memakannya pasti dijamin ketagihan.

Suvenir Ondel-Ondel

Souvenir Ondel-Ondel - jalanjalin.com

Pajangan ini cocok untuk menampilkan momen bahwa kamu pernah mendatangi kota besar ini. Jika ingin membuat sesuatu yang dikenang kamu bisa membawa suvenir ondel-ondel, sebagai salah satu ikon dari kota Jakarta. Boneka raksasa ini biasanya tampil ketika pertunjukan khas Betawi ataupun acara budaya di kota Jakarta.

Kamu tentu tidak mungkin membawa ondel-ondel yang asli bukan? Karena ukurannya yang besar dan juga sudah cukup jarang ditemukan. Sebagai gantinya, kamu bisa bawa oleh-oleh Jakarta yaitu souvenir khusus yang dijual di toko oleh-oleh. Umumnya  berbentuk gantungan kunci, boneka, miniatur dan lain sebagainya. Harganya pun tidak terlalu mahal. Tentu saja bisa kamu bawa sebagai buah tangan.

Kebaya Encim

Kebaya Encim - diversityintourism.com

Oleh-oleh Jakarta selanjutnya yang bisa kamu bawa sebagai salah satu bukti bahwa kamu sudah pernah mengunjungi kota Jakarta selain dari makanan dan juga oleh-oleh berbentuk suvenir yaitu pakaian. Terutama bagi para wanita, biasanya sangat senang untuk berbelanja dan juga membawa pakaian khas dari daerah tersebut.

Salah satunya adalah kebaya khas Jakarta yang biasa disebut sebagai kebaya encim. Orang-orang Jakarta diketahui seringkali menggunakan pakaian ini ketika mereka memiliki acara budaya ataupun festival khusus Betawi. Kebaya ini juga cocok sekali digunakan untuk kamu yang menggunakan hijab, karena potongan bajunya yang panjang dan tertutup. Kamu bisa beli oleh-oleh  kebaya ini di pusat perbelanjaan seperti Pasar Tanah Abang, Thamrin City dan lain sebagainya.

Akar kelapa

Akar kelapa - vietnamtourcenter.com

Tidak ingin melewatkan makanan tradisional sebagai oleh-oleh yang kamu bawa. Maka kamu bisa membeli salah satu pangan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Betawi dan seringkali dijadikan oleh-oleh yaitu akar kelapa.

Sebagai makanan atau camilan yang sering hadir ketika hari raya, akar kelapa merupakan camilan dengan cita rasa gurih dan juga manis yang memiliki bentuk dan juga tekstur agak sedikit keras. Namun makanan ini banyak disukai, dan kamu bisa membelinya di berbagai pusat perbelanjaan.

Asinan Betawi

Asinan Betawi - bontontravel.net

Terakhir oleh-oleh Jakarta yang bisa kamu bawa adalah asinan Betawi. Namun jika kamu ingin membawa oleh-oleh asinan Betawi maka waktu yang dibutuhkan untuk menyimpan makanan tersebut tidaklah lama. Yaitu kurang lebih 1 hingga 3 hari saja. Untuk itu, makanan ini cocok dibawa bagi kamu yang bepergian dengan menggunakan pesawat.

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.