Pesona Indah Taman Bunga Amarilis seperti di Eropa

Bunga Amarilis
Sumber :
  • vstory

VIVA – Tidak ada habis-habisnya wisata di Gunungkidul. Yah, meskipun jalan menuju tempat wisata buat Anda males, mengeluh tapi kalau sudah sampai tempat wisata tersebut, pasti akan terbayar dengan keindahan alamnya.

Salah satunya wisata Bunga Amarilis yang mekar setiap musim hujan. Istimewa dari bunga ini sangat cantik dan berwarna sangat cerah cocok untuk anda yang suka berfoto. 

Bunga ini hanya mekar hingga 2 - 3 minggu saja bila tidak igin kecewa datang dalam waktu dekat ini. Bunga ini yang sempat viral tahun 2015 silam?

Yap, bunga amarilis sempat tenar pada tahun itu karena sedang hits namun dirusak oleh sekelompok traveler alay. Mereka berfoto selfie secara membabi buta sehingga taman bunga yang terletak di Patuk tersebut hancur lebur.

Kejadian itu seolah jadi titik balik masyarakat untuk makin aware dengan kehadiran taman bunga. Terbukti, taman bunga lain seperti taman bunga celosia, matahari, dan taman bunga lainnya kini jadi lebih terjaga dari tangan-tangan jahil yang merusaknya. Tapi Taman Bunga Amarilis Gunungkidul sekarang melengkapi destinasi wisata instagenic di Yogyakarta dan sekitarnya.

Deretan bunga yang mekar secara bersama-sama, warna yang cerah serta bentuknya yang cantik sungguh menjadi daya tarik serasa di Eropa. Taman bunga telah dilengkapi dengan jalan setapak yang membantu akses pengunjung lebih dekat dengan bunga.

Jadi, angle ketika berfoto lebih terlihat indah. Taman bunga juga dibentuk sehingga tidak monoton hanya satu lahan seperti sawah. Lokasi kebun Bunga Amarilis Gunungkidul tepatnya berada di Dusun Ngasem Ayu, Kecamatan Patuk, Gunungkidul.

Jarak dari Alun-alun Kidul ke kawasan ini sekitar 20 Km. Butuh waktu kurang lebih 49 menit menggunakan kendaraan melalui Jln. Wonosari dan Jln. Nasional III untuk sampai.

Perjalanan setengah jam lebih tidak akan terasa jika dinikmati bersama teman-teman, kan? Untuk masuk taman ini, biaya retribusinya sekitar Rp 10 ribu saja. Semakin terawatnya objek wisata ini, diimbangi dengan fasilitas yang ditambah oleh pengelola.

Toilet telah disediakan untuk pengunjung. Persewaan payung pun disediakan, karena cukup panas di siang hari. Untuk jam buka kebun bunga ini mulai dari jam 06.00 - 18.00 WIB.

Taman Bunga ini luasnya sekitar 2.350 meter persegi. Bunga amarilis yang indah ini memiliki nama latin Hippeastrum Amaryllidaceae.

Dalam bahasa Jawa ada juga yang menyebut dengan nama Brambang Boncot. Hal ini dikarenakan akar bunga amarilis berbentuk seperti bawang bombay yang besar. 

Kelopak bunganya begitu indah, dengan warna oranye dan lebar seperti lampu tidur. Putiknya menyembul diantara kelopak bunga, yang menjadikannya semakin tampak indah. Daunnya memanjang dan untuk bunga sendiri disangga dengan batang hijau.

Anda siap berlibur di taman bunga amarilis Gunungkidul, Yogyakarta? Wakakak, pasti gak ada dana ya. Cukup baca artikel ini sudah serasa di taman bunga indah amarilis.

Untuk penutup saya ingin kasih saran kepada kalian semua sebagai orang Indonesia kita harus lestarikan alam sekitarnya jangan seperti wisatawan di taman bunga ini yang sempat viral merusak taman, yang hanya cuma berfoto doang. (Muhamad Khusairi)

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.