Sekilas Lenovo Ideapad S10-2

VIVAnews - Pada pameran Festival Komputer Indonesia yang akan dibuka besok, vendor asal Taiwan Lenovo bakal meluncurkan netbook andalannya tahun ini, yakni Ideapad S10-2.
 
S10-2 adalah penerus dari netbook Lenovo sebelumnya, Ideapad S10 yang diluncurkan tahun lalu. Beberapa saat lalu VIVAnews sempat menjajal S10-2. Berikut kesan pertama terhadap netbook yang dilengkapi dengan beragam fitur tambahan yang melengkapi kekurangan-kekurangan versi sebelumnya itu.

Netbook ini diprosesori oleh Intel Atom N280 yang berkecepatan 1,66 Ghz 667 MHz FSB dan memori cache 512KB. Memori RAM-nya berkapasitas 1 GB DDR2, dengan kapasitas penyimpanan hard disk sebesar 160 GB.

Dengan baterai 6 cell yang diklaim tahan untuk hidup hingga 6 jam, S10-2 berbobot 1,25 kg. Ia memiliki ukuran 10 inci, tak terlalu kecil, dan tetap nyaman untuk di bawa-bawa. Apalagi netbook ini memiliki dimensi 258x 183 x 18-25 mm, yang merupakan netbook tertipis di jajaran netbook lenovo.

Penutup atasnya dilapisi dengan bahan glossy bermotif pola. Namun, saat netbook dibuka, bodi di dalamnya terlihat polos. Di sini terlihat bahwa bahan S10  terbuat dari plastik yang tak terlalu solid.

Papan kunci yang digunakan berukuran 89 persen dari ukuran papan kunci standar sehingga tak terlalu sulit untuk beradaptasi dengan netbook ini. Di sisi sebelah kanan tersedia dua pangkalan USB 2.0, serta satu saklar pengaktif WiFi 802.11 b/g.

Di bagian depan terdapat slot kartu memori SD/ MMC/ MS/ MS Pro. Sementara di sisi sebelah kiri, terdapat port mikrofon, speaker, satu pangkalan USB, dan VGA. Speaker yang diklaim memiliki kualitas Dolby Headphone Technology terletak di bagian bawah.

Yang menarik, S10-2 juga telah menyediakan slot kartu SIM karena Lenovo memang akan menyediakan netbook S10-2 yang akan menyediakan modem 3G internal. Sayangnya, versi ini belum akan tersedia di Indonesia dalam waktu dekat.

Di sebelah atas layar LED beresolusi1024 x 800 piksel, terdapat kamera 1,3 megapiksel yang dapat digunakan untuk melakukan web conference dan menjalankan fitur keamanan Veriface.

Veriface adalah software keamanan buatan Lenovo yang untuk sistem otorisasi berdasarkan wajah pengguna. Bila fitur ini diaktifkan, kamera akan memindai wajah pengguna di depan layar dan mencocokkannya dengan database wajah pemilik komputer yang sebelumnya harus disimpan terlebih dahulu.

Di bagian kanan atas papan kunci terdapat tombol QuickStart. Fitur ini juga merupakan salah satu fitur unggulan S10-2. Melalui tombol Quick Start, penggunananya dapat menjalankan berbagai fitur hiburan dengan seketika tanpa perlu menyalakan sistem operasi Windows XP Home netbook ini.

Maka, bila cuma sekadar melihat-lihat foto, mendengarkan musik, bermain game online, berselancar di web, atau chatting, cukup pencet tombol QuickStart dan tak perlu menunggu lama sehingga komputer booting sistem, karena software QuickStart mampu memfasilitasi aktivitas-aktivitas tadi di luar sistem Windows.

Sementara di bagian kiri atas papan kunci juga tersedia tombol One Key Recovery yang akan berguna untuk memulihkan file dari kerusakan sistem maupun dari kerusakan hard disk.

Di bagian bawah papan kunci terdapat sebuah touchpad yang mendukung multiple input, atau multisentuh. Melalui touchpad pengguna bisa melakukan scrolling ke bawah maupun ke atas dengan mengusap touchpad melingkar searah atau berlawanan dengan jarum jam.

Selain itu pengguna juga bisa membesarkan ukuran foto dengan menyentuh touchpad dengan dua jari yang bergerak menjauh. Sebaliknya mengecilkan foto dengan menyentuh touchpad dengan dua jari yang bergerak mendekat.

Dengan beragam fitur tadi, menurut Cung Cien, Product and Business Manager Lenovo Indonesia, netbook ini bakal dibanderol seharga Rp 4.850.000. Netbook ini tersedia dalam beberapa pilihan warna, yaitu hitam, putih, merah muda, dan abu-abu.

Government Targets on Acquiring 61 Percent Freeport Share
PM Georgia, Irakli Kobakhidze (Doc: Anadolu Ajansi)

Akui Umat Muslim Berkontribusi Besar Bagi Negara, PM Georgia Adakan Bukber

Perdana Menteri Georgia Irakli Kobakhidze mengadakan buka puasa bersama atau makan malam berbuka puasa, pada Kamis, 28 Maret 2024, di Ibu Kota Tbilisi, bersamaan Ramadhan

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024