Lima Bahasa Ekspresi Cinta

VIVAnews - Menunjukkan perasaan cinta sangat penting. Jangan anda menyembunyikan perasaan cinta anda dengan berdiam diri saja, sehingga pasangan anda tidak mengetahui betapa besarnya cinta anda untuknya. Tak harus bersikap romantis, namun bisa ditunjukkan dengan hal-hal sepele.

Menurut konselor perkawinan keluarga Adriana S Ginanjar, yang mengutip teori Gary Chapman, ada lima bahasa cinta. "Bila anda sulit untuk berbicara langsung, ungkapkan dengan surat, kartu, sms, atau email," kata Adriana dalam seminar Wedding Expo di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta, Sabtu 14 Maret 2009.

Pertama, kata-kata afirmasi, tujuannya dalam hal ini adalah untuk menyenangkan pasangan bukan untuk memenuhi kebutuhan pribadi. Ada beberapa bentuk ungkapan afirmasi, seperti kata-kata yang membesarkan hati, ungkapan dengan nada suara lebih, permintaan dengan kerendahan hati atau beri dia.

Kedua, waktu yang berkualitas. Aspek yang terpenting adalah kebersamaan, memberikan perhatian penuh, menunjukkan kasih sayang dan menikmati kegiatan bersama. Sebaiknya anda juga meluangkan waktu yang berkualitas dengan komunikasi timbal balik (saling mendengarkan, saling membuka diri) dan melakukan kegiatan bersama yang disukai.

Ketiga, memberi hadiah. Banyak pasangan merasa dicintai bila sering menrima pemberian istimewa dari pasangan. Hadiah yang diberikan tidak harus sesuatu yang mahal. Bisa juga dalam bentuk hasil karya atau kehadiran pada momen penting. "Pemberian hadiah semakin dihargai bila berupa kejutan menyenangkan," tutur dia.

Keempat, beri bantuan. Pada umumnya istri bertanggung jawab mengurus rumah tangga, anak, dan melayani suami. Padahal banyak istri yang berharap suami juga ikut membantu mereka. Pemberian bantuan akan memperkuat cinta jika dilakukan dengan senang hati, bukan karena rasa bersalah atau terpaksa dan atas dasar permintaan.

Kelima, sentuhan fisik. Sentuhan merupakan cara yang sangat efektif dalam mengkomunikasikan cinta, terutama bila sesuai dengan harapan pasangan. Sentuhan cinta dapat diekspresikan secara jelas dan dengan perhatian penuh, misalnya dalam memijit atau foreplay. Sentuhan juga dapat secara implisif dan dilakukan secara otomatis, seperti menyentuh bahu, ciuman di kening atau mengusap lengan.

Presiden Direktur P&G Indonesia Sebut Prospek Masa Depan Indonesia Cerah 
Bandara di Dubai, Uni Emirat Arab (UAE), tergenang banjir 17/4

Akibat Banjir, Penerbangan Perdana Maskapai Emirates Airbus 380 dengan 592 Penumpang dari Dubai ke Bali Dibatalkan

Banjir bandang yang merendam Dubai, Uni Emirat Arab pada 16 April 2024, berdampak pada penerbangan beberapa maskapai menuju Bali.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024