Stok LNG Nasional Naik Tajam

VIVAnews - Menteri Energi Sumber Daya Mineral Purnomo Yusgiantoro menyatakan stok hasil produksi gas alam cair (LNG) nasional naik tajam menyusul penurunan permintaan konsumen Jepang, Taiwan, dan Korea Selatan. Kondisi ini terkait krisis keuangan global yang turut menghantam tiga negara itu.

Purnomo mengatakan, naiknya stok LNG telah menyebabkan sejumlah tangki-tangki penampungan penuh. "Kami khawatir jika tidak ada pembeli lain bisa mengalami kelebihan stok," kata dia di Jakarta, Senin 16 Maret 2009.

Menurut dia, penurunan permintaan LNG merupakan peringatan awal sejumlah podusen LNG nasional. Karena itu, Purnomo meminta Badan Pengatur Usaha Hulu Minyak dan Gas untuk mengatur produsen agar bisa mencari pembeli lain supaya produksi gas terserap.

Purnomo mengatakan, jika podusen tidak bisa mencari pembeli lain, satu-satunya jalan menghentikan produksi dan menutup sumur gas itu. Sayangnya, ketika sumur telah dimatikan, akan sulit mengaktifkan kembali. 

Kendati kondisi stok LNG membludak, pemerintah tidak mempercepat pembangunan penerimaan LNG (receiving terminal). Menurut Purnomo, kondisi seperti ini diprediksi hanya terjadi satu tahun sedangkan untuk membangun receiving terminal membutuhkan tiga tahun.

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi
Pemain Real Madrid, Joselu

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Manchester United tertarik pada penyerang tengah yang musim ini bermain untuk Real Madrid, Joselu. Man Utd sedang berupaya mencari celah guna mendapatkan pemain buruannya

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024