Dugaan Korupsi Walikota Bukittinggi

Sekda Bukittinggi Diperiksa

VIVAnews - Sekretaris Daerah Bukittinggi Khairul akhirnya memenuhi undangan Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat sebagai saksi kasus dugaan korupsi pengadaan tanah untuk pembangunan gedung DPRD Bukittinggi dan pool kendaraan Sub Dinas Pertamanan Bukittinggi tahun 2007.

"Khairul kapasitasnya masih sebagai saksi untuk berkas dengan tersangka walikota (Bukittinggi)," ujar juru bicara Kejaksaan Tinggi Sumbar, Koswara, Senin 16 Maret 2009. Djufri yang juga sebagai tersangka hadir sekitar pukul 09.00.

Khairul terlihat datang sendirian ke gedung Kejati Sumbar mengenakan pakaian safari warna biru. Ia terlihat langsung menuju ruangan pemeriksaan Pidana Khusus tanpa mau berkomentar tentang kasus korupsi yang membelit dirinya.

Khairul diperiksa ketua tim penyidik Yusnedi Yakub. Hingga berita ini diturunkan, Khairul terlihat menjalani pemeriksaan dengan intensif. Sejauh ini, Khairul diduga melakukan penggelembungan harga penggunaan anggaran pembelian tanah untuk pembangunan gedung DPRD Bukittinggi dan pool kendaraan Sub Dinas Pertamanan Bukittinggi tahun 2007.

Dalam kasus ini, Wali Kota Bukittinggi Djufri juga sudah ditetapkan sebagai tersangka.  Djufri dan Khairul dinyatakan sebagai tersangka dalam kasus senilai Rp 3,7 miliar ini sejak 9 Januari. Dalam kasus tersebut, Khairul menjabat sebagai ketua panitia pengadaan proyek sedangkan Djufri tercatat sebagai penanggung jawab proyek. Mereka diduga merugikan keuangan negara senilai Rp 1,2 miliar.

Sejak kasus ini ditangani kejaksaan, sebanyak tujuh tersangka pejabat Pemda Bukittinggi telah menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Bukittinggi. Sidang kasus tersebut masih menggagendakan pemeriksaan saksi yang dihadirkan jaksa.

Ketujuh tersangka dalam kasus pada berkas berbeda ini dialihkan penahanannya ke tahanan kota.

Laporan: Eri Naldi | Padang

Bakal Ada Adegan Ranjang Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won di Queen of Tears?
Masyarakat gunakan kereta api saat mudik Lebaran 2024 (dok: KAI)

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Masyarakat baru saja merayakan Puasa Ramadan dan Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2024, pada momen itu mayoritas masyarakat menjalankan tradisi mudik ke kampung halaman. Dari

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024