Ketua KPU Pukul Gong, Kampanye Resmi Dimulai

VIVAnews - Gong lima kali yang dipukul Ketua Komisi Pemilihan Umum, Abdul Hafiz Anshary secara resmi membuka babak kampanye dalam pemilu 2009. Selanjutnya, ikrar kampanye damai dibacakan oleh para pimpinan partai politik.

"Pemilu 2009 harus menunjukan demokrasi yang berkualitas. Mari kita tunjukan pada dunia Indonesia mampu menunjukan demokrasi berkualitas," kata Hafiz Anshary dalam pidatonya di Hall D Pekan Raya Jakarta, Senin 16 Maret 2009.

Hafiz Anshary juga menekankan pada para simpatisan agar bisa melakukan kampanye dengan damai, tanpa gesekan yang bisa menimbulkan kericuhan. "Diharapkan pemilu bisa berjalan aman dan tertib," kata dia, didampingi para anggota KPU.

Partai peserta Pemilihan Umum 2009 secara resmi mulai kampanye Senin 16 Maret 2009. Mereka dapat berkampanye selama  21 hari atau akan berakhir 5 April 2009. Sedangkan Pemilihan Legislatif akan berlangsung 9 April.

Jadwal kampanye bagi anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ini sesuai Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 115/SK/KPU/Tahun 2009. Menurut aturan main, tiap hari hanya empat partai yang punya hak berkampanye.

Di hari pertama massa kampanye dimulai dengan ikrar kampanye damai dan tertib. Masing-masing partai diperbolehkan membawa maksimal 50 orang kader dan simpatisan.


Terekam CCTV Cabuli Gadis Panti Asuhan, Ketua PSI Gubeng Surabaya Dicokok Polisi 
Prabowo Subianto tiba di Malaysia.

Batalkan Aksi Relawan Turun ke Jalan Jelang Putusan Sengketa Pilpres di MK, Prabowo Tuai Pujian

Menurut Sekjen AMMI Arip Nurahman, langkah dilakukan Prabowo ini, agar menjaga situasi tetap kondusif serta menghindari terjadinya perpecahan diantara sesama anak bangsa.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024