Kisruh Buddha Bar

Umat Budha Akhirnya Bergerak ke Istana

VIVAnews - Ratusan umat Budha yang menamakan diri Kesatuan Umat Buddha Anti Buddha Bar melakukan aksi unjuk rasa menolak keberadaan Buddha Bar di depan Istana Presiden, Senin 16 Maret 2009.

Massa yang melakukan aksi sejak pukul 10.00 WIB itu menuntut agar Pemerintah menutup Buddha Bar yang terletak di Jalan Teuku Umar, Menteng. Sembari membawa bendera dan spanduk, massa yang mengenakan kaos putih bertulis 'Walubi,' terus meneriakkan kecaman atas keberadaan Buddha Bar.

Sepasang Barongsai mewarnai aksi demo umat Buddha yang keberatan dengan penggunaan nama 'Buddha' pada bisnis waralaba itu. Tujuh pemain meliuk-liukkan barongsai itu dengan didiringi tetabuhan yang khas mengiringi permainan dari negeri Tirai Bambu itu.

Massa kemudian berjalan menuju Medan Merdeka Barat sembari meneriakkan 'Buddha Bar tutup.'  Aksi ini menimbulkan kemacetan di Jalan protokol itu yang menuju Jalan Thamrin. Tiga perwakilan dari massa sudah menyampaikan aspirasi mereka ke Sekretariat Negara.

Selain keberatan dengan penggunaan nama 'Buddha', umat itu juga tidak menerima penggunaan patung Buddha sebagai salah satu aksesoris di bar itu.

Pilpres Berakhir, Cak Imin Sebut Timnas Amin Akan Dibubarkan Besok Pagi di Rumah Anies

Aksi kecaman juga sebelumnya dilancarkan umat Buddha di depan Buddha Bar.

Cak Imin menerima silaturahmi politik DPP PKS ke kantor DPP PKB

PKB dan PKS Sepakati Koalisi di Pilkada Serentak 2024, Khususnya di Jateng dan Jatim

PKS dan PKB menyepakati kerjasama politik untuk berkoalisi di Pilkada serentak 2024. PKS siap memenangkan calon di basis PKB, pun sebaliknya

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024