Ketahui Perkembangan Bahasa Si Kecil

VIVAnews – Saat buah hati Anda belum bisa bicara, ia akan mengeluarkan suara-suara aneh untuk mengungkapkan keinginannya. Suara tersebut merupakan tahap awal si kecil belajar berkomunikasi dan memahami bahasa yang kita gunakan.

Dengan mengetahui perkembangan bahasanya Anda akan lebih mudah untuk berkomunikasi dengannya. Dan, jangan lupa untuk selalu mengajarkannya kata-kata baru agar si kecil memiliki kosakata yang kaya.

Usia 1-3 bulan
Di usia ini, bayi mengkomunikasikan keinginannya dengan menangis. Ia juga akan banyak mengeluarkan suara-suara aneh dengan memainkan organ dalam mulutnya. Itu merupakan tahap bagi si kecil mengenali bagian mulutnya sendiri. Ia pun sedang takjub dengan ‘keajaiban’ suara yang keluar dari mulutnya.

Mobil Listrik Vinfast Pakai Sistem Sewa Baterai, Segini Biayanya

Meskipun Anda tidak mengerti arti tangisannya atau suara aneh yang ia keluarkan, lakukan komunikasi dengan buah hati Anda. Dalam waktu beberapa lama, Anda akan bisa membedakan suara tangisnya. Suara tangisannya akan berbeda saat ia lapar, mengantuk, ingin pipis, dan sebagainya.

Usia 4-12 bulan
Pada usia 4-12 bulan, si kecil belum mengerti bahasa. Meskipun ia bisa mengatakan mama, papa, atau dada, belum berarti ia mengetahui artinya. Si kecil menyukai suara yang keluar dari mulutnya. Ia mengikuti Anda atau orang-orang di sekitarnya yang mengeluarkan suara. Pada tahapan ini, ia melakukan semacam imitasi perilaku.

Menjelang ulang tahun pertamanya si kecil sudah bisa diberikan instruksi sederhana dengan gerakan dan kata-kata tak jelas tapi bisa dipahami. Misalkan bila ia ingin diambilkan makanan atau mainan. Untuk meningkatkan kemampuan bahasanya nyanyikanlah lagu-lagu sederhana sambil menggerakan anggota tubuhnya. Hal itu akan membuatnya lebih cepat memahami bahasa melalui gerakan.

Usia 12-17 bulan
Memasuki usia ini, Anda harus lebih sering mengajaridan mendengarkannya berbicara. Karena mereka akan banyak mempelajari kata benda. Pada usia ini mereka mampu menyerap 20 kata atau bahkan lebih. Si kecil juga sudah bisa mengenali nama dari sebuah gambar atau objek. Misalnya ia bisa menunjukkan mana foto ayah, ibu atau kakaknya. Ia juga sudah bisa mengenali nama-nama anggota tubuh.

Dominasi Skuad Timnas U-23 di Piala Asia, Menpora Dito Akan Terus Maksimalkan PPLP dan SKO

Kata-kata yang ia ucapkan memang belum sempurna tetapi jangan khawatir, Anda hanya perlu sabar mengajarkannya mengucapkan sebuah kata dengan benar. Ulangi saja terus sampai si kecil mengucapkan kata yang Anda ajarkan dengan benar. Sediakan buku cerita bergambar lucu. Jadikan membaca sebagai kegiatan rutin setiap hari. Membaca itu bisa meningkatkan kemampuan berbahasa si kecil nantinya.

Usia 18-24 bulan

Kosakata bahasa anak Anda akan semakin meningkat pada usia ini. Ia sudah bisa mengenali hingga 100 kata. Mulai ajarkan juga si kecil untuk mengenal kata preposisi seperti atas, bawah, dalam, luar.Ia juga sudah bisa menanyakan pertanyaan sederhana.

Usia 25-36 bulan
Kemampuan berbahasa si kecil akan semakin bervariasi. Menjelang ulang tahunnya yang ketiga ia sudah bisa mengenal sampai 300 kata. Si kecil sudah bisa diberikan instruksi yang terdiri dari kata kerja, kata benda, dan keterangan. Di atas usia 3 tahun si kecil akan banyak berteriak dan kesulitan untuk mengontrol suaranya. Jangan marah jika si kecil banyak berteriak, ajarkan secara sabar bahwa ia harus mengontrol suaranya agar tidak menggangu orang lain.

Usia 3-4 tahun

Pada usia 3-4 tahun si kecil sudah bisa mengenal 1000 kata dan mulai bisa berbicara dalam kalimat yang lebih rumit. Ada beberapa pengucapan yang akan sulit dilafalkan si kecil seperti r, z, dan f. Tetapi ia akan berusaha untuk mengucapkan kata dengan benar sehingga orang-orang di sekitarnya bisa mengerti. Si kecil juga akan sangat suka menanyakan banyak pertanyaan. Ia juga sudah bisa menjawab bila ditanya berapa usianya.

Gelombang tinggi laut terjang pesisir pantai (foto ilustrasi)

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan pada 20 hingga 21 A

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024