Asia Kapitalindo Restrukturisasi Reverse Repo

VIVAnews - PT Asia Kapitalindo Securities Tbk telah menyepakati restrukturisasi reverse repurchase agreement (reverse repo) saham PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) senilai Rp 6 miliar dengan PT Samuel Sekuritas Indonesia. Paska restrukturisasi repo akan jatuh tempo pada 2011.

"Restrukturisasi telah disepakati pekan ini dan bunga repo sudah mulai dibayarkan kembali," kata Direktur Utama Asia Kapitalindo Securities, Wim Al Fatih, pada konferensi pers perseroan di Menara Imperium, Jakarta, Rabu 18 Maret 2009.

Wim menjelaskan, saat ini, nilai aset repo tersebut mencapai Rp 4,2 miliar.

Dia menjelaskan, perseroan menerima repo dari Samuel Sekuritas, sehingga Asia Kapitalindo tidak berhubungan langsung dengan Bakrie & Brothers. Pembayaran pokok repo tersebut akan diterima perseroan pada dua tahun mendatang.

Pada Juni 2008, dia melanjutkan, Asia Kapitalindo Securities telah melunasi repo Rp 300 miliar kepada grup Bakrie. Saham yang dijaminkan saat itu adalah PT Bumi Resources Tbk (BUMI), PT Bakrie Telecom Tbk (BTEL), PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk (UNSP), PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG), serta PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR).

Dia menambahkan, pihaknya tidak mengikuti rencana penerbitan surat utang jangka menengah (medium structure notes/MSN) Bakrie & Brothers, karena Asia tidak memiliki eksposur terhadap induk usaha tersebut. Sementara itu, rencana penerbitan medium term notes (MTN) pada awal 2009 dibatalkan karena tidak diperbolehkan berdasarkan undang-undang perseroan terbatas.

"Undang-undang itu menyebutkan, perusahaan tidak boleh berutang untuk tujuan buyback (pembelian kembali saham)," ujarnya.

Pelaku Ditangkap, Begini Modus Sopir Taksi Online Todong Penumpang Rp 100 Juta
Penyelundupan Pil Koplo di Lapas Yogyakarta (dok istimewa)

Pengunjung Coba Kelabui Petugas Lapas Yogyakarta Simpan Pil Koplo di Betis, Malah Ketahuan

Petugas Lapas Kelas IIA Yogyakarta menggagalkan dua kali penyelundupan pil koplo dari pengunjung kepada warga binaan, salah satunya bermodus menyembunyikan pil di betis.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024