Dua Kapal AS Tabrakan, Harga Minyak Naik

VIVAnews - Dua kapal milik Angkatan Laut (AL) Amerika Serikat (AS) saling bertabrakan di Selat Hormuz, Jumat pagi 20 Maret 2009, waktu setempat. Dua kapal itu masing-masing kapal selam Hartford dan kapal serang amfibi USS New Orleans.

Kedua kapal itu mengalami kerusakan dan 15 awak kapal selam menderita cedera ringan dan telah kembali bertugas. Sedangkan USS New Orleans mengalami kebocoran di tangki bahan bakar sehingga menumpahkan 25.000 galon minyak bahan bakar ke laut.

Tabrakan itu langsung membuat harga minyak mentah di bursa New York Jumat waktu setempat naik 39 sen menjadi US$52/barel. Pasalnya, Selat Hormuz - yang berbatasan dengan Iran dan Semenanjung Arab - merupakan jalur pengiriman minyak yang penting di Timur Tengah, yang merupakan wilayah penghasil minyak mentah terbesar di dunia.

Maka, kecelakaan maritim di perairan itu sempat memunculkan spekulasi bahwa pasokan minyak di Timur Tengah bisa terganggu. Namun Letnan Nate Christensen, juru bicara Armada Militer Kelima AS yang berlokasi di Timur Tengah, mengatakan kecelakaan itu sama sekali tidak mengganggu lalu lintas maritim di Selat Hormuz

Christensen juga mengungkapkan tabrakan terjadi saat kedua kapal sedang melakukan suatu operasi militer rutin, yang tidak dijelaskan secara rinci. (AP)

Kasus Film Porno Siskaeee Belum Juga Disidang, Ini Kata Polisi
Apple.

Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung

Penjualan iPhone telah hancur turun 10%, Apple Inc. (NASDAQ: AAPL) kehilangan posisi nomor satu dalam pengiriman ponsel pintar global pada kuartal pertama.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024