CP Prima Kembali Ajukan Rencana RUPSLB

VIVAnews - PT Central Proteinaprima Tbk (CPRO) sudah mengajukan kembali rencana pelaksanaan rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) kepada Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK).

RUPSLB untuk meminta persetujuan pemegang saham terkait penawaran umum terbatas (rights issue) saham perseroan.

"Mereka sudah mengajukan rencana RUPSLB," kata Kepala Biro Penilaian Keuangan Perusahaan Sektor Riil, Bapepam-LK, Anis Baridwan, di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa 24 Maret 2009.

Namun, Anis melanjutkan, Bapepam-LK saat ini masih membahas permohonan perseroan tersebut. "Kami tunggu masukan dulu," ujarnya.

Meski demikian, Bapepam-LK saat ini tidak dalam posisi menolak atau menyetujui rencana pelaksanaan RUPSLB tersebut. "Kalau disetujui kemungkinan April," katanya.

Anis membantah ada intervensi dari Lin Che Wei terkait kasus Central Proteinaprima tersebut. Namun, dia mengakui, yang bersangkutan memang memberikan masukan kepada Bapepam-LK.

"Masukan dan informasi sebenarnya merupakan hal biasa," ujarnya.

Menurut dia, Bapepam-LK sudah menerima banyak masukan soal kasus Central Proteinaprima. Kebetulan yang muncul ke permukaan hanya terkait masukan dari mantan direktur utama PT Danareksa (Persero) itu.

Ungkapan Airlangga Hartarto Kalau Golkar Bangga Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024

Sebelumnya, pendiri PT Independent Research & Advisory Indonesia (IRAI), Lin Che Wei, dalam siaran pers yang diterima VIVAnews, Senin malam, 23 Maret 2009, meminta Bapepam-LK mengusut peristiwa di balik rights issue Central Proteinaprima.

IRAI adalah penasihat keuangan pemegang obligasi Red Dragon Group Pte Ltd, yang merupakan pemegang saham mayoritas Central Proteinaprima.

"Sebab, rights issue dilakukan tanpa persetujuan pemegang obligasi," ujar Che Wei.

Padahal, menurut dia, sesuai perjanjian pemegang saham dilarang menyetujui rights issue perseroan tanpa persetujuan pemegang obligasi Red Dragon.

Selain itu, rights issue yang dilakukan perseroan pada Desember 2008 berdampak pada penurunan nilai jaminan kepada pemegang obligasi. Apalagi, perseroan telah menandatangani surat pengakuan gadai saham dengan pemegang obligasi.

Sedang Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Ammar Zoni Ungkap Doa untuk Anak dan Kelurga
Gelandang Newcastle United, Bruno Guimaraes

Pemain Ini Cocok Gabung Man City, Kata Aguero

Sergio Aguero memberi masukan kepada gelandang Newcastle United, Bruno Guimaraes. Dia memberi saran agar pemain asal Brasil itu pindah ke Manchester City.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024