Surat Suara Asli Beredar di Depok

KPU Depok Bentuk Tim Pencari Fakta

VIVAnews – Komisi Pemilihan Umum Kota Depok akan menyelidiki temuan surat suara pemilu. Komisi segera berkoordinasi dengan PPK, PPS untuk membentuk tim pencari fakta guna mengungkap siapa yang menyebarkannya.

Kubu Anies dan Ganjar Ingin Hadirkan Menteri jadi Saksi di MK, Airlangga Hartarto Beri Jawaban

“Laporan ini mengejutkan. Bahkan ada yang sampai ke calon legislator,” kata Ketua Divisi Hukum KPU Kota Depok, Yoyo Effendy, Selasa 24 Maret 2009.

Temuan itu dilaporkan calon legislator DPRD Partai Demokrat, Immanuel Ebenezer. Surat suara ditemukan sudah menyebar di Desa Sukmajaya, Kota Depok, beberapa hari lalu. Bukan hanya Immanuel saja yang menemukannya, ada calon legislator Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang ikut menemukan.

Yoyo mengatakan penyebar surat itu harus ditemukan untuk mengetahui motivasinya. Bila kelak terbukti, dia dapat kenai pidana pemilu dan pidana umum. “Karena dapat menimbulkan ganggu kelancaran pemilu,” kata dia.

Yang membuat Yoyo tak habis pikir adalah sistem distribusi surat sudah jauh-jauh hari dibuat sedemikian rupa sehingga tidak mungkin bocor. Misalnya dilakukan dengan pengawasan ketat mulai dari pendistribusian sampai pelipatan kertas.

Yoyo berharap kasus ini dapat segera terungkap sehingga tidak memecah konsentrasi peserta pemilu menghadapi 9 April.

Bila nanti kasus ini terungkap yang beredar, itu tiak akan dipakai dalam pemilu dan tidak berpengaruh kepada pemilu.

“Setelah terungkap dan diketahu jumlah surat yang beredar, nanti surat itu tidak akan dipakai lagi,” kata Yoyo. “Dan surat yang beredar itu tidak berpengaruh pada pemilu.”

Laporan: Ramuna | Depok

Berduka Atas Meninggalnya Ayah Nassar, Inul Daratista Beri Doa Terbaik
Nagita Slavina

Respons Nagita Slavina Saat Tyas Mirasih Ingin Jual Tas demi Biaya Pengobatan

Tyas Mirasih saat itu ingin menjual tas miliknya kepada Nagita dan Raffi untuk membantu biaya pengobatan sang ibunda.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024