Kisruh DPT Jawa Timur

Empat Tahap PDIP Ungkap Manipulasi DPT

VIVAnews - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan tak main-main dengan tuduhan Daftar Pemilih Tetap Jawa Timur telah dimanipulasi. PDIP menggunakan empat tahap mengungkapkan dugaan manipulasi itu.

"Pertama, berdasarkan pengecekan secara acak dengan menggunakan hard copy DPT yang berasal dari KPU, ditemukan rata-rata penyimpangan sebesar 10 persen dari beberapa tempat pemungutan suara yang dipilih secara acak," kata Sudiatmiko Ariwobowo, Tim Hukum & Advokat Badan Pemenangan Pemilu PDIP Jawa Timur di gedung parlemen, Selasa 24 Maret 2009.
 
Kedua, berdasarkan pengecekan dengan menggunakan soft copy DPT yang berasal dari KPU Kabupaten, dapat diidentifikasi secara cepat adanya penggelembungan DPT. "Ketiga, kami melakukan cross check (periksa silang) penggelembungan antara DPT software (soft copy) dengan DPT hard copy.  Apabila terjadi kecocokan, maka langsung dilakukan cross check ke lapangan," ujarnya.
 
Keempat, melakukan pengecekan secara acak di lapangan menurut temuan pada langkah ketiga di atas.  Berdasarkan pengecekan acak lapangan ini, seluruh temuan penggelembungan DPT dapat dipertanggungjawabkan menurut mekanisme di atas.
 
"Itulah 4 tahap kajian yang kami lakukan dalam mengungkap penggelembungan DPT. Tujuan pengungkapan ini benar-benar dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas demokrasi dan kedaulatan rakyat," ujar Sudiatmoko.

Temuan PDIP didapat di empat kabupaten yang termasuk daerah pemilihan Jawa Timur VII. Selain itu, PDIP juga sedang melakukan riset yang sama di tiga provinsi lain seperti Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Barat.

Berhasil Gagalkan Penyelundupan Sabu, 2 Prajurit Pulanggeni Kopasgat TNI AU Dapat Penghargaan
Jeno NCT

Jeno NCT Ulang Tahun ke-24! Fakta Menarik Sang 'Kapten' NCT yang Jarang Diketahui

Jeno NCT kini tengah bahagia karena ia sedang berulang tahun tepat pada Selasa, 23 April 2024. Jeno yang memiliki nama panjang Lee Jeno ini sudah menginjak usia 24 tahun.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024