Inilah Syarat Koalisi Dengan Partai Demokrat

VIVAnews - Partai Demokrat diperkirakan bakal menjadi jawara dalam Pemilu Legislatif 2009. Bahkan diperkirakan mampu untuk mengajukan calon presiden sendiri. Demokrat pun memiliki sejumlah syarat agar dapat bergabung dalam pemerintahan.

"Kepentingan saya satu, pemerintah harus efektif menjalankan tugasnya dan hubungan dengan dewan juga harus sehat," kata Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono, di kediaman pribadi, Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Jumat, 10 April 2009.

Menurut Yudhoyono, saat ini Demokrat sedang menyusun format aturan koalisi itu. Aturan itu diharapkan menjadi dasar dalam koalisi mendatang. "Saat ini sedang kami susun, karena banyak yang harus sesuai dengan logika," ujarnya.

Yudhoyono mencontohkan, bahwa setiap anggota DPR dan menteri yang partainya tergabung dalam koalisi seharusnya mendukung penuh kebijakan pemerintah. "Misalnya seorang menteri yang masuk koalisi, menghantami kebijakan pemerintah padahal dia masih di pemerintah. Ini harus jelas nantinya, ini tidak boleh terjadi lagi," jelasnya.

Yudhoyono mengakui bahwa bentuk koalisi yang dibentuk dalam pemerintahan saat ini masih banyak kekurangan. Karena masih banyak benturan baik di legislatif maupun dalam kabinet. "Koalisi yang kita perlukan adalah agar tidak mudah terjadi benturan antara pemerintah dengan legislatif atau bahkan di dalam kabinet sendiri," ujarnya.

Berdasarkan hasil survei tiga lembaga yang ditayangkan langsung di VIVAnews, Lembaga Survei Indonesia menempatkan Partai Demokrat di posisi pertama dengan perolehan 20,46 persen, PDIP 14,41 persen, dan Partai Golkar 13,98 persen.

Sedangkan survei LP3ES, Partai Demokrat meraih 19,7 persen, PDIP 14,7 persen, dan Partai Golkar 14,8 persen. Sedangkan lembaga survei Cirus menempatkan Partai Demokrat meraih 20,61 persen, PDIP 14,26, dan Golkar 14,57 persen.

Joe Biden Gelontorkan Dana Fantastis Perbaiki Jembatan Baltimore
Vespa Bersolek di Jakarta Fashion Week 2024

5 Motor Vespa Bersolek di Indonesia Fashion Week 2024

Baru-baru ini, 5 unit motor Vespa tampil bergaya di Runway Indonesia Fashion Week 2024 bersama para model.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024