Pemilu 2009

Kejaksaan Siapkan 90 Jaksa Bela KPU

VIVAnews - Jaksa Agung, Hendarman Supanji mengatakan Kejaksaan Agung menyiapkan 90 jaksa untuk membela Komisi Pemilihan Umum (KPU) menghadapi gugatan pemilu.

"Kami sudah menyiapkan tenaga ahlinya," kata Hendarman dalam rapat kerja dengan Komisi Hukum Dewan, Senin 11 Mei 2009.

Ditambahkan Hendarman, Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara, Edwin Pamimpin Situmorang telah menerima surat permohonan KPU. Sebelumnya, kejaksaan hanya punya 20 jaksa pengacara negara. "Hanya 20 yang pengalaman [beracara] di Mahkamah Konstitusi," tambah dia.

Sebelumnya, Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara, Edwin Pamimpin Situmorang mengatakan pihaknya sudah menyiapkan jaksa pengacara negara untuk mewakili KPU di Mahkamah Konstitusi. Tim khusus akan disiapkan.

Hari kedua penyampaian gugatan sengketa hasil penghitungan suara pemilu 2009, sejumlah partai telah menyampaikan gugatannya ke Mahkamah Konstitusi termasuk PDIP, PPP, Partai Golkar, dan Hanura.

Selain partai politik, terdapat satu calon anggota Dewan Perwakilan Daerah juga mengajukan gugatan. Calon anggota Dewan Perwakilan Daerah atas nama Drs Komaruddin itu berasal dari Sulawesi Tenggara.

Pendaftaran pengajuan gugatan sengketa Pemilu Legislatif ini akan ditutup pada Selasa (12/5) sekitar pukul 23.00 WIB. Setelah pengajuan permohonan sengketa ditutup, Mahkamah Konstitusi akan melakukan pemetaan permasalahan yang diajukan partai politik.

Mahkamah Konstitusi (MK) akan menggelar sidang pertama gugatan sengketa Pemilu Legislatif pada Senin (18/5). Bila banyak gugatan yang didaftarkan, maka sidang akan berlangsung selama 12 jam penuh.

Taylor Swift Tolak Tawaran Manggung Rp 146 Miliar! Pilih Fokus ke Album Baru daripada Uang?
Menhan RI sekaligus presiden terpilih, Prabowo Subianto menerima telepon dari Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol (sumber foto: Tim Media Prabowo)

Prabowo: Tuduhan Prabowo-Gibran Menang Curang Lewat Bansos Sangat Kejam

Presiden terpilih Prabowo Subianto menepis tuduhan bahwa dirinya dan Gibran Rakabuming Raka memenangkan Pilpres 2024 dengan cara curang.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024