Fit and Proper Test DGS BI

Komisi XI: Gunarni Kurang Kuasai Moneter

VIVAnews - Setelah rapat selama 45 menit, Komisi XI DPR akhirnya memutuskan secara aklamasi Darmin Nasution sebagai Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia. Penguasaan Darmin terhadap masalah moneter dinilai lebih baik ketimbang calon lainnya Gunarni Soeworo.

"Gunarni sangat menguasai keahlian bank secara praktik. Tapi dia belum pernah terjun ke moneter," kata Wakil Ketua Komisi XI Endin AJ Soefihara di Gedung DPR, Senin 11 Mei 2009.

Menurut Endin, dari sisi aspek kebijakan, kepemimpinan dan regulasi, Gunarni memiliki kelemahan. Sedangkan Darmin mempunyai kemampuan dalam bidang ekonomi moneter.

"Dia juga pemikir dan pencetus UU BI, Badan Supervisi dan Otoritas Jasa Keuangan. Memang ada kritik bagaimana mengatasi konflik psikologi dari otoritas fiskal ke moneter, namun Darmin menjawab perpindahakn posisi itu sudah terbiasa," kata Endin.

Dalam rapat dari 40 anggota Komisi XI tidak ada satu pun yang menolak Darmin.

Legislator Soroti Daya Beli Gen Z di Jakarta, Bisa Berkontribusi Besar Kendalikan Inflasi
bantuan untuk warga Gaza

Meski Negaranya Tengah Dilanda Aksi Terorisme, Rusia Tetap Kirim 29 Ton Bantuan ke Gaza

Meski tengah berduka, Rusia mengatakan pihaknya tetap mengirimkan lebih dari 29 ton bantuan kemanusiaan ke pada warga Palestina di Jalur Gaza yang tengah dilanda perang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024