Pasien Suspect Flu Babi Dirawat di Bandung

VIVAnews - Tiga pasien suspect flu babi atau yang terindikasi H1N1 sudah ditemukan di Indonesia. Tetapi hasilnya negatif. Ketiganya sudah dipulangkan. Kini, satu orang lagi terindikasi suspect mengidap virus flu babi di Bandung.

"Suspect Tuan ES. Baru tadi malam sekitar pukul setengah enam sore masuk kesini," kata ketua tim penanganan flu babi Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, Dokter Hadi Yusuf, dalam keterangan kepada VIVAnews, Selasa, 12 Mei 2009.

Gejala yang dimiliki Tuan ES itu mirip seperti yang terjadi pada pasien yang mengidap flu babi. Salah satunya, suhu badan yang tinggi hingga mencapai 38,6 derajat celcius.

"Hingga kini suhunya belum berubah. Lebih dari 38 derajat celcius," ujar Hadi Yusuf yang sedang menggelar rapat khusus membahas pasien yang satu ini.

Seperti diberitakan, Menteri Kesehatan Siti Fadillah Supari mengatakan, tiga pasien suspect flu babi di Indonesia sudah dipulangkan dari rumah sakit. Tiga pasien itu adalah Tenaga Kerja Indonesia asal Jawa Timur, Warga Negara Australia, dan jurnalis asal Cina.

Seperti diketahui, flu babi merupakan jenis penyakit yang menyerang sistem pernapasan babi akibat infeksi virus tipe A. Manusia jarang terkena penyakit ini, namun virus dapat menyerang orang yang hidup dekat binatang babi. Virus ini lalu dapat menyebar dari satu orang ke orang lainnya.

Gejala flu babi meliputi demam lebih dari 37,77 derajat Celsius, sakit badan, radang tenggorokan, sulit bernapas, dan dalam beberapa kasus pasien muntah-muntah dan diare. Setidaknya enam kasus flu babi telah dilaporkan di California dan Texas. Pasien berusia antara 9 hingga 50 tahun. Semua pasien dapat disembuhkan.

Hattrick! Pendeta Gilbert Dilaporkan Lagi soal Penistaan Agama ke Polda Metro
Sekretaris Jenderal DPP PKS Habib Aboe Bakar

Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang

Partai Keadilan Sejahtera, siap menggelar karpet merah untuk Prabowo Subianto, Presiden terpilih Pilpres 2024. Itu akan dilakukan jika Prabowo hadir di halal bi halal PKS

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024