Dinkes Depok Teliti Jajanan di Sekolah Dasar

VIVAnews - Dinas Kesehatan Kota Depok meneliti jajanan yang diperdagangkan di kantin-kantin Sekolah Dasar, untuk mengetahui kandungan bahan makanan berbahaya bagi kesehatan anak.

"Makanan tersebut memang harus diteliti agar aman dikonsumsi bagi siswa," ujar Kepala Seksi Pengawasan Obat dan Makanan, Dinkes Depok, Yulia Oktaviani, Selasa 12 Mei 2009.

Pengambilan sampel makanan melibatkan 30 sekolah dasar, yang dilaksanakan pada 6 hingga 28 Mei 2009.

Bahan makanan yang diperiksa adalah kandungan rodamin, metanil, borax, bakteri makanan, siklamat, dan formalin.

"Kita akan teliti bahan makanan yang terbuat dari mie, keripik, bakso dan lainnya," ujarnya.

Hingga saat ini, pihaknya sudah melakukan penilaian dan pengambilan sampel di enam Sekolah Dasar yang terdapat di Kecamatan Limo dan Kecamatan Cimanggis.

Keenam SD tersebut adalah SD Pangkalan Jati 1, SD Krukut 1, SD Cilangkap 1, SD Cisalak Pasar 1, SD Tugu 10, dan SD Sukatani 3.

Lebih lanjut Yulia mengatakan, keenam zat tersebut dapat membahayakan tubuh. Seperti sakit perut pada jangka pendek dan untuk jangka panjang akan mengakibatkan kanker.

Dikatakannya sampel jajanan makanan tersebut akan diteliti di laboratorium Saraswati, Bogor.

"Bulan Juni akan diumumkan hasil penelitian tersebut," katanya lagi.

Dinkes Depok akan memberikan pembinaan kepada pedagang di kantin sekolah tersebut, bila ditemukan bahan makanan yang berbahaya bagi tubuh tersebut.

Viral Aksi Emak-emak di Makassar Mengamuk Sambil Ancam Pakai Parang Penagih Utangnya
Song Hye Kyo dan Gong Yoo

Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng

Penggemar drama Korea bersiaplah untuk menyambut kehadiran dua bintang top dalam sebuah kisah sejarah yang menggugah. Gong Yoo dan Song Hye Kyo, dua nama besar di Korea.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024