Senam Hamil, Perlukah?

Tanya:
Saya (30) sedang hamil 22 minggu. Saya mulai dianjurkan dokter untuk melakukan senam hamil. Tapi, kata teman saya tidak perlu. Sebenarnya, apa manfaat senam hamil? Apakah kita bisa melakukannya di rumah? Di usia kandungan berapa sebaiknya melakukan senam hamil?

fxx@yahoo.com

Jawab:
Senam hamil merupakan serangkaian gerakan-gerakan senam yang bermanfaat untuk mempersiapkan kondisi Anda menghadapi proses persalinan. Tidak hanya itu, jika dilakukan secara teratur, gerakan senam ini juga bermanfaat mengurangi keluhan-keluhan yang mungkin muncul saat Anda hamil. Terutama pada tiga bulan terakhir masa kehamilan, seperti pegal-pegal pada bagian-bagian tubuh tertentu.

Biasanya, dokter ahli kandungan akan melakukan pemeriksaan secara lengkap untuk memastikan, senam hamil memang aman dilakukan untuk Anda dan janin.

Jadi, agar mendapat manfaat tersebut, senam ini disarankan dilakukan setelah kehamilan 28 minggu (tujuh bulan). Umumnya, dimulai dengan latihan-latihan yang dilakukan dalam kelas dengan bimbingan instruktur berpengalaman.

Suami juga bisa dikutsertakan untuk membantu Anda melakukan gerakan-gerakan. Setidaknya, aktivitas ini juga dapat membuat suami merasa punya peranan dalam menjaga kondisi kehamilan Anda.

Namun, jika Anda ingin melakukan senam ini di rumah, sebaiknya Anda berkonsultasi dulu pada instruktur untuk memastikan aman atau tidaknya gerakan-gerakan ini dilakukan sendiri di rumah.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi
Anak selebgram Aghnia Punjabi dianiaya

Anak Selebgram Aghnia Punjabi Diduga Dianiaya Pengasuh, Badan Diduduki hingga Kepala Dibanting

Anak selebgram Aghnia Punjabi diduga dianiaya pengasuh. Wajah anaknya babak belur. Mata kiri lebam, bekas luka di daun telinga, dan bibir juga terluka.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024