Empat Butir Kesepakatan PKS-Demokrat

VIVAnews - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akhirnya menandatangani kontrak politik dengan Demokrat yang mengusung duet SBY-Boediono. Kontrak politik yang disepakati di detik terakhir itu berisi empat butir kesepakatan.

"Kontrak politik di Cikeas memutuskan empat kesepakatan," kata Ketua Fraksi PKS Mahfudz Sidik dalam keterangan kepada VIVAnews, Minggu (17/5).

Mahfudz mengakui, bahwa kesepakatan pemberian dukungan PKS untuk Demokrat terjadi saat injury time. Karena, kesepakatan PKS-Demokrat terjadi sesaat sebelum duet capres-cawapres SBY-Boediono dideklarasikan di Bandung, Jumat (15/5) lalu.

Kendati demikian, menurut Mahfudz, kontrak politik antara PKS dan Demokrat merupakan satu kesatuan dengan piagam koalisi yang ditandatangani semua partai pendukung Demokrat, di Cikeas, Sabtu (16/5) lalu.

"Koalisi antara Ketua Majelis Syuro PKS (Hilmi Aminuddin) dengan SBY adalah bagian tidak terpisah dengan naskah itu," kata dia.

Berikut empat butir kesepakatan PKS-Demokrat:

1. Aturan main koalisi di pemerintahan
2. Aturan main koalisi di parlemen
3. Program kebijakan pemerintahan koalisi di bidang politik, ekonomi, sosial budaya, dan hubungan luar negeri
4. Menyetujui mekanisme komunikasi koalisi

Seperti diberitakan, sekitar dua jam sebelum deklarasi, pasangan SBY-Boediono ditemui tiga petinggi PKS. Mereka yang menemui SBY-Boediono di Hotel Sheraton Bandung yakni, Ketua Majelis Syuro PKS, Hilmi Aminudin, Presiden PKS, Tifatul Sembiring, dan Sekretaris Jenderal PKS, Anis Matta.

Padahal, PKS merupakan salah satu mitra koalisi Demokrat yang menentang keras pemilihan Boediono sebagai calon wakil presiden. Alasannya, Boediono dinilai tidak mewakili mitra koalisi. Usai deklarasi SBY-Boediono, Tifatul pun memberikan pernyataan mengapa menerima Boediono.

"Mengenai mahzab ekonomi Boediono. Bahwa beliau (SBY) mengatakan, Undang-Undang mengenai sukuk dan syariah justru lahir pada masa Boediono. Karena itu, kami akan mengawal itu dan PKS ada di dalam situ," kata Tifatul usai deklarasi SBY-Boediono.

Balon Udara Muncul di Ketinggian 9.000 Feet, AirNav Semarang Minta Pilot Waspada
Arsenal

Ian Wright Sebut 2 Pemain Ini Dibutuhkan Arsenal untuk Taklukkan Bayern Munich, Siapa Mereka?

Ian Wright mengklaim bahwa bintang PSG Vitinha dan pemain Manchester City Kevin De Bruyne memiliki faktor X yang sangat tidak dimiliki Arsenal saat melawan Bayern Munich.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024