Manmohan Singh Tetap Dipercaya Pimpin India

VIVAnews - Partai Kongres India yang kembali menang pemilihan umum (pemilu) tetap menunjuk Manmohan Singh sebagai pemimpin partai di parlemen. Langkah ini diambil untuk memuluskan jalan Singh menuju kursi perdana menteri untuk kedua kalinya. Anggota fraksi Kongres juga memilih Sonia Gandhi sebagai pemimpin partai.

Proses ini menandai pembentukan pemerintahan baru setelah Singh resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai PM periode lalu, Senin 18 Mei, untuk kemudian dicalonkan lagi. Presiden Pratibha Patil meminta Singh tetap menjabat selama transisi pemerintahan.

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum India telah menyerahkan daftar anggota parlemen dari Lok Sabha kepada presiden. Laman Times of India edisi Selasa, 19 Mei 2009 memberitakan bahwa dengan daftar ini, Singh tinggal selangkah lagi dari tampuk kepemimpinan India selanjutnya.

Akhir pekan lalu, partai Kongres yang dipimpin Sonia Gandhi memenangi 205 dari 543 kursi di parlemen federal. Hasil pemilihan umum ini merupakan perolehan suara terbaik Kongres sejak 1991. Kongres dan koalisinya berhasil mengumpulkan 262 kursi.

Koalisi ini berhasil mengalahkan partai nasionalis Hindu, Partai Bharatiya Janata (BJP).  Namun, walaupun menang telak, Koalisi Kongres kekurangan 10 kursi di parlemen untuk mencapai suara mayoritas. Mereka berharap kekurangan ini dapat diisi kelompok kecil dan pemenang independen.

Isi Ramalan Prabu Jayabaya yang Sebut Cerminkan Pemimpin Indonesia
Lee Mijoo Lovelyz.

Plot Twist, Lee Mijoo Jalin Asmara dengan Pesepakbola Top Song Bum-keun

Biz Enter melaporkan Lee Mijoo mengunjungi Jepang untuk bertemu dengan Song Bum-keun yang saat ini sedang merumput di salah satu klub sepakbola di Jepang, Shonan Bellmare

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024