Pasar Ponsel Tanah Air Lesu

VIVAnews - Pasar ponsel yang tengah lesu, tak hanya terjadi di pasar dunia. Di Indonesia pun penjualan ponsel masih terus saja menurun.

Salah satu vendor ponsel asal Korea, LG Mobile, mengatakan bahwa penjualan ponselnya juga menurun sejak kuartal 3 2008. Bila penjualan  pada kuartal pertama 2009 dibandingkan dengan penjualan kuartal tiga 2008, penjualan ponsel LG merosot hingga 20 persen.

Namun kemunduran ini masih jauh lebih positif bila dibandingkan dengan penurunan penjualan industri ponsel secara keseluruhan sejak kuartal tiga 2008 hingga kuartal satu 2009, yang mencapai 25 persen. 

"Penurunan ini disebabkan oleh adanya krisis ekonomi global dan dipengaruhi dengan nilai tukar rupiah terhadap dolar," ujar Product Manager LG Mobile Communication Indonesia, John Halim, di Manchaster United Cafe, Sarinah, Jakarta Pusat, saat peluncuran ponsel multimedia LG GM200, Jumat 22 Mei 2009.

Halim menambahkan, bila pada kuartal tiga tahun lalu seluruh vendor ponsel sanggup menjual hingga 2,1 juta unit ponsel per bulan. Sementara pada kuartal pertama tahun ini terjadi penurunan penjualan hingga 525 ribu unit.

LG sendiri paling banyak menjual ponsel kelas entry level atau yang berharga di bawah Rp 1 juta, dengan porsi hingga 60 persen. "Bahkan ponsel berharga di bawah Rp 500 ribu, penjualannya mencapai 40 persen," kata John menjelaskan.

Prediksi Serie A: Lazio vs Juventus

Namun, LG dan Samsung adalah termasuk vendor yang lebih beruntung dibandingkan vendor lain.  Buktinya di tengah lesunya pasar ponsel tanah air, Samsung dan LG naik peringkat sebagai vendor ponsel nomor 2 dan 3 setelah Nokia, mengalahkan Sony Ericsson dan Motorola.

Berdasarkan riset terakhir dari Gartner, penjualan ponsel global di kuartal pertama tahun ini pun mengalami penurunan hingga 14,5 persen dari kuartal sebelumnya. Namun, penjualan ponsel pintar justru mengalami kenaikan hingga 12,7 persen.

5 Bintang Arsenal Terancam Absen Lawan Man City! Perebutan Puncak Klasemen Makin Panas
Harvey Moeis, suami dari artis Sandra Dewi ditetapkan sebagai tersangka korupsi

Suami Sandra Dewi Tersandung Korupsi Timah, Aiman Senang Kasusnya Disetop 

Kasus korupsi tata niaga timah yang menjerat suami Sandra Dewi, Harvey Moeis jadi sorotan, Wapres Ma'ruf Amin buka suara soal jemaah umrah WNI yang ditangkap di Saudi

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024