Tumbuhan yang Bisa Mandi Sendiri

VIVAnews - Apakah kalian sering malas mandi? Kalau iya, berarti kalian kalah dengan tumbuhan unik satu ini. Tumbuhan yang bernama rheum palaestinum bisa mandi sendiri, lho. Kok, bisa ya?
Ternyata, tumbuhan yang termasuk jenis kelembak ini memiliki bentuk daun yang sangat khas. Daunnya yang berbentuk unik, merupakan saluran yang berhubungan dengan akar yang menyimpan air hujan.

Rheum ditemukan pertama kali oleh peneliti dari Universitas Haifa, Israel, yaitu Simcha Lev-Yadun, Gadi Katzir dan Gidi Ne'eman. Mereka menemukan rheum di gurun Negev, Israel. Karena itu, tumbuhan ini tidak ada di Indonesia dan hanya tumbuh di padang gurun yang ada di wilayah timur tengah.

Menurut para peneliti, kemampuan adaptasi rheum pada cuaca juga sangat tinggi. Rheum mampu menyerap air 16 kali lebih besar dibandingkan dengan tumbuhan lain yang ada di gurun. Menurut penelitian, rheum mampu memanen air 4,2 liter setiap tahunnya, dan untuk yang ukurannya sangat besar bisa menyerap 43 liter tiap tahunnya.

Dengan kemampuannya yang tinggi dalam menyerap air, kemudian disimpannya dalam akar, rheum memiliki cadangan air yang sangat banyak dibandingkan tumbuhan gurun lainnya. Jadi, saat cuaca sangat panas, tumbuhan tersebut bisa menggunakan cadangan airnya untuk membasahi daun-daunnya agar tidak kering dan tetap lembab.

"Tumbuhan rheum sangat unik, dan kami perkirakan dapat ditemui tidak hanya di Isreal tetapi juga di daerah gurun wilayah timur tengah," kata profesor Lev-Yadun, salah satu tim peneliti.

Elite Gerindra Sebut Polri Sudah "On the Track" Tangani Kasus Firli Bahuri
Ilustrasi teknologi tes DNA yang praktis

Analisis Metabolisme Tubuh dan Kebutuhan Nutrisi Lewat Tes DNA

Sebuah tes DNA yang menganalisis metabolisme dan kebutuhan nutrisi, memungkinkan para pengguna memperoleh pemahaman yang lebih komprehensif mengenai kondisi kesehatannya

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024