Guardiola, Perjudian Tersukses Joan Laporta

VIVAnews - Keberuntungan begitu lekat pada sosok Joan Laporta. Gambling terbesar Presiden Barcelona ini ternyata membuahkan hasil sekaligus sejarah dengan diraupnya tiga gelar musim ini.

Ya, Guardiola ditunjuk Laporta menjadi pelatih hanya berdasarkan predikat legenda hidup Camp Nou. Kapasitas Guardiola membesut sebuah tim tak ada yang tahu. Namun siapa sangka jika pertaruhan itu membuahkan hasil fenomenal.

Pelatih kelahiran Santpedor ini mampu merangkai talenta-talenta Blaugrana menjadi yang terbaik di Spanyol dan Eropa. Gelar La Liga, Piala Raja akhirnya ditasbihkan dengan trofi Liga Champions menjadi bukti perjudian yang berakhir bahagia.

"Guardiola dan pemain-pemainnya telah menghabiskan musim ini dengan sempurna dalam sejarah kami dengan tetap mempertahankan filosofi sepakbola kami," ujar Laporta kepada Canal Plus, Kamis 28 Mei 2009.

“Guardiola telah melewati semua harapan. Ketika kami memutuskan merekrutnya, kami hanya mempunyai keyakinan dia akan melakukan tugasnya dengan baik. Tapi, jujur kami tidak pernah menggambarkan akan mempunyai musim terbaik dalam sejarah klub," tambahnya.

Sebelum membesut Blaugrana senior, Guardiola hanya sempat menimba ilmu sebagai pelatih Barcelona B. Kegagalan Frank Rijkaard meredam Real Madrid dan konflik internal akhirnya membuat Laporta memecatnya dan menunjuk Guardiola.

Kejutan langsung dibuat Guardiola. Pelatih yang baru berusia 38 tahun ini berani membuat keputusan berbahaya. Ia mempersilahkan Ronaldinho, Deco bahkan saat itu Samuel Eto'o untuk hengkang jika memang hatinya tak lagi di Camp Nou.

Padahal, trio ini masih berstatus pahlawan Barcelona. Hanya Eto'o yang memutuskan bertahan.

Keputusan Guardiola kembali menuai hasil positif. Dimotori Lionel Messi, Andres Iniesta dan Xavi Hernandez, kini
Barca lebih menarik. Inilah sepakbola indah yang dijanjikan manajer hasil gambling Laporta.

Tarisland Superstars: Kemegahan dan Antisipasi di Puncaknya
Ammar Zoni

Sedang Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Ammar Zoni Ungkap Doa untuk Anak dan Kelurga

Ammar Zoni memahami bahwa bulan Ramadhan adalah saat yang istimewa. Ammar mengaku akan semakin mendekatkan diri kepada Tuhan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024